in ,

Mahasiswa UMI di Makassar Punya Solusi untuk Bumi, Ini Dia!

CakapCakap – Rasanya kehidupan semakin berkembang dengan pesat ya Cakap People? Hal tersebut tampak tercermin dari adanya aneka inovasi berbau teknologi yang kian canggih. Sehingga secara berangsur-angsur permasalahan di Bumi dapat dituntaskan dengan baik. Begitu banyak masalah yang ada di Bumi, salah satunya adalah permasalahan mengenai sampah.

Sampah secara langsung mempengaruhi kehidupan makhluk hidup. Bahkan, terlalu banyak sampah menyebabkan aroma yang tak sedap di area-area pemukiman. Selain itu, sampah juga sampai meneror sungai-sungai yang notabene bukan merupakan tempat yang dapat menampung sampah. Sehingga aliran air terbengkalai dan jadilah banjir. Namun, tampaknya masalah tersebut dapat diatasi dengan hadirnya aplikasi yang diciptakan oleh mahasiswa UMI. Apa itu? Berikut ulasannya!

1. Perkenalkan, Mallsampah.com

Aplikasi Mallsampah.com via Bisnissulawesi.com

Aplikasi yang diberikan nama Mallsampah.com ini merupakan karya dari dua orang mahasiswa asal Universitas Muslim Indonesia. Namanya ialah Muhammad Faris dari Fakultas Ilmu Komputer dan Adi Syaifullah Putra yang berasal dari Fakultas Hukum. Aplikasi yang dibuat keduanya berhasil tembus hingga ke mata Nasional. Program yang menaungi kreativitas anak muda ini bernama Teras Usaha Mahasiswa yang diselenggarakan oleh pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berkolaborasi dengan KOMPAS.

2. Cara kerja

Sistem kerja dari aplikasi via Id.techinasia.com

Bagaimana cara kerja dari Mallsampah.com ini? Caranya dengan mengadakan perjumpaan antara pihak yang perlu sampah dengan pemilik sampah tersebut. Biasanya pihak yang memerlukan sampah ini membutuhkan sampah untuk digunakan sebagai produk daur ulang. Bahkan, berbekal dari aplikasi ini penjual dari produk daur ulang pun dapat berjumpa dengan pembeli yang berminat dengan produknya.

Selain itu, Mallsampah.com juga memiliki setidaknya 6 kategori, yang meliputi: produk ramah lingkungan, kreasi daur ulang, sampah kebutuhan industri, barang bekas, sampah news hingga go green. Kamu dapat menjumpai aneka sampah dari kaleng besi, bahan plastik, sampah elektronik hingga yang berbahan kaca.

3. Kerja sama dengan banyak pihak

Mendapatkan dukungan dari banyak pihak via News.greenactiveyouth.com

Mengingat kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini, maka banyak sekali pihak yang mendukung adanya aplikasi berikut. Bahkan, mulai dari Bank sampah Makassar, ibu PKK Makassar, Aksi Indonesia Muda, hingga beberapa industri yang bergerak dalam bidang daur ulang pun bekerja sama dengan Mallsampah.com.

Tak hanya itu saja, sebab pihak-pihak seperti UKMK UMI, Sobat Bumi, SSC KAMMI Makasssar, pengepul sampah dan Kementerian Lingkungan Hidup serta Kehutanan pun ikut memberikan dukungan dan kerja sama.

Aplikasi yang bermanfaat ini sengaja dikenalkan untuk mengatasi masalah sampah yang bukan sedikit lagi jumlahnya. Sehingga, tak ada salahnya jika Cakap People pun turut serta dalam memanfaatkan aplikasi berikut. Selain bermanfaat bagi lingkungan sekitar, aplikasi bernama Mallsampah.com ini juga dapat mengurangi populasi sampah yang sudah kian tak terkira jumlahnya di Bumi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Rebut 6 Emas, Inilah Sosok Atlet Terbaik Asian Games 2018!

5 Sifat Ini Bikin Kamu Rentan Diselingkuhi!