in ,

Luar Biasa! Korea Utara Punya 20 Pangkalan Operasional Rudal

CakapCakap – Selama ini Amerika Serikat (AS) dikenal sebagai negara adidaya dengan kekuatan luar biasa, termasuk dalam bidang militer. Makanya, seperti yang Cakap People ketahui, semua negara pun sangat menghormati Negara Paman Sam ini. Namun, bicara kekuatan militer, salah satu negara di Asia ini sepertinya tidak bisa dianggap remeh. Negara tersebut adalah Korea Utara, yang rupanya memiliki kekuatan militer luar biasa, dan pastinya tidak kalah hebat jika dibandingkan dengan AS.

Militer Korea Utara setidaknya punya 20 pangkalan operasional rudal, dengan salah satu berfungsi sebagai markas rudal. Via tempo.co

Seperti dilaporkan laman Tempo.co, militer Korea Utara setidaknya punya 20 pangkalan operasional peluru kendali (rudal), dengan salah satu berfungsi sebagai markas rudal mereka. Markas rudal ini jadi lokasi untuk pengembangan berbagai jenis rudal termasuk rudal jarak jauh yang bisa mencapai Korea Selatan, Jepang, hingga wilayah AS di Guam, Pasifik Barat. “Pangkalan operasional rudal dan rudal Nodong terpasang di lokasi ini memenuhi strategi militer nuklir negara itu untuk kemampuan operasional rudal nuklir atau konvensional,” demikian dilansir dalam laporan dari lembaga CSIS.

Salah satu pangkalan rudal seluas 18 kilometer persegi berada 212 kilometer di sebelah utara Zona Demiliterisasi, dilengkapi resimen tentara dan rudal balistik jarak menengah Nodong-1. Keberadaan pangkalan rudal ini tidak diumumkan pemerintah Korea Utara sehingga tak termasuk dalam obyek negosiasi denuklirisasi dengan AS. “Korea Utara tidak akan menegosiasikan hal-hal yang tidak pernah mereka umumkan sebelumnya. Mereka masih punya semua kemampuan operasional rudal ini meski menghancurkan semua fasilitas nuklirnya,” jelas Victor Cha, yang ikut menyusun laporan CSIS itu.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un bertemu dengan Presiden AS Donald Trump terkait negosiasi denuklirisasi oleh AS. Via theaustralian.com.au

Korea Utara dan AS sendiri sudah sejak laman terlibat perang dingin, terutama sejak Perang Korea yang berakhir dengan kesepakatan gencatan senjata pada tahun 1953 yang lalu. Namun, para ahli pertahanan saat ini telah memperingatkan AS untuk tak meremehkan kekuatan militer Korea Utara. Dikutip dari laman SindoNews.com, menurut perkiraan militer dari Korea Selatan menyatakan bahwa kekuatan militer Korea Utara saat ini ternyata termasuk yang terbesar keempat di seluruh dunia.

Negara komunis itu pun diperkirakan memiliki sekitar 1,2 juta tentara, 4.300 tank, 2.500 kendaraan pengakut personel lapis baja, 11.000 artileri anti-pesawat terbang, 14.000 artileri dan peluncur roket dan diyakini punya 2.500 ton senjata kimia. Wajar saja AS harus takut Korea Utara ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mau Turunkan Berat Badan? Coba Program CICO, Tren Diet Terbaru di Tahun 2019!

Hati hati Ya! Jangan Pernah Melepas Alas Kaki di Pesawat. Bahaya!