in ,

Luar Biasa! Cina Bakal Luncurkan 50 Pesawat Luar Angkasa di Tahun 2019

CakapCakap – Ilmu pengetahuan di Cina memang berkembang sangat pesat, bahkan bisa bersaing dengan negara-negara Eropa dan Amerika. Cakap People bisa melihat sendiri bagaimana negara itu bisa menguasai perekonomian dunia melalui berbagai produk mereka yang bertebaran di seluruh dunia. Bahkan, dalam perkembangan teknologi luar angkasa pun Cina tak kalah dengan negara hebat lainnya, dan pastinya jauh lebih unggul dibandingkan negara-negara Asia lainnya, apalagi Indonesia.

Ilustrasi pesawat ruang angksa Chang’e 5 dari Cina yang akan diluncurkan akhir tahun 2019. Via sentinelassam.com

Belum lama ini, Cina pun juga dikabarkan akan meluncurkan puluhan pesawat luar angkasa. Seperti yang dilansir oleh laman CNNIndonesia.com, perusahaan antariksa Cina, Cina Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) berencana mengirimkan 50 pesawat ruang angkasa dalam 30 kali peluncuran selama tahun 2019. Salah satunya kembali mendaratkan pesawat di bulan dengan misi Chang’e 5. Rencananya pendaratan akan dilakukan di akhir tahun 2019, dan akan membawa sampel permukaan bulan. Misi ini akan meluncur dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Hainan.

Vice President CASC Baohua Yang menyebut akan meluncurkan misi besar pada bulan Juli 2019 nanti berupa roket pembawa yang dinamakan Long March 5. Roket ini sendiri dirancang untuk membawa instrumen penjelajah bulan yang akan membawa sampel permukaan bulan kembali ke bumi. Roket ini terdiri empat komponen inti; bagian pengorbit, pendaratan, pembalik pesawat, dan pendorong naik, plus 15 subsistem lainnya. Sampel bulan yang dibawa pun akan ditempatkan di dalam wadah.

Awal Januari 2019 Cina baru saja mendaratkan pesawat ruang angkasa Chang’e 4 di tepi jauh bulan. Via spacenews.com

Sebelumnya, pada awal bulan Januari 2019 Cina melaporkan telah berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa tanpa awak Chang’e-4 di tepi jauh bulan, dalam pendaratan pertama yang pernah dilakukan di bagian bulan yang tak tampak dari bumi itu, dikutip dari laman BBC.com. Pesawat itu mendarat di lembah Airken di kutub selatan bulan dengan membawa instrumen untuk merumuskan geologi kawasan, serta melakukan percobaan biologi, dan akan memasuki jalur elips di sekitar bulan.

Meski merupakan pendatang baru di bidang eksplorasi luar angkasa, namun Cina melakukan upaya yang luar biasa. Mereka baru tahun 2003 mengirim astronot pertama ke orbit, untuk menjadi negara ketiga yang melakukannya setelah Uni Soviet dan AS. Cina memang luar biasa ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wah, Keren! Toko di Jepang ini Menyewakan Kimono dan Hijab Wagara Untuk Muslimah!

Coba Mampir ke Kawasan Pecinan yang Ada di Indonesia Ini yuk, Dijamin Meriah Abis!