in

LiteBIG, Aplikasi Messenger Seperti WhatsApp Karya Anak Bangsa

CakapCakap – Cakap People pasti sudah akrab dengan aplikasi messenger yang paling populer di dunia saat ini, WhatsApp. Aplikasi yang bisa digunakan baik melalui smartphone maupun komputer ini sudah hadir sejak 10 tahun yang lalu, tepatnya pada Januari 2009, hingga kemudian diakuisisi oleh Facebook pada Februari 2014. Saking populernya aplikasi ini, mungkin tak ada orang yang tak mengenalnya, meskipun aplikasi WhatsApp ini diblokir di Cina sehingga tidak bisa digunakan di sana.

Aplikasi LiteBIG menjadi salah satu aplikasi messenger buatan anak bangsa. Via id.techinasia.com

Nah, ternyata anak bangsa Indonesia pun mampu membuat aplikasi messenger serupa WhatsApp. Namanya adalah LiteBIG, sebuah aplikasi messenger yang dikembangkan oleh PT Sandika Cahaya Mandiri, seperti dilaporkan oleh laman MediaIndonesia.com. Aplikasi ini bisa dibilang memiliki fitur yang mirip dengan Whatsapp, seperti menghapus pesan yang sudah terkirim, mengirim file, pilihan emoticon dan stiker yang beragam, membuat grup obrolan, serta fitur keamanan dengan enkripsi.

Bedanya, selain bisa menghapus pesan, ternyata aplikasi LiteBIG memungkinkan penggunanya untuk meng-edit chat yang sudah terkirim. Tidak hanya itu, fitur pengiriman file pun selain dapat mengirim beraneka tipe file, ukurannya juga tergolong besar hingga maksimal 50MB. Selain itu, aplikasi ini pun juga memiliki fitur newsfeed. Dengan begitu, penggunanya akan mendapatkan update berita-berita terkini. Bahkan, aplikasi LiteBIG juga punya fitur untuk pembelian pulsa hingga pembayaran tagihan. Menariknya, sebesa2 persen keuntungan dari setiap transaksi akan digunakan sebagai donasi sosial.

Aplikasi LiteBIG hadir dengan sejumlah fitur unggulan seperti aplikasi WhatsApp. Via id.techinasia.com

Menurut laman TechInAsia.com, aplikasi LiteBIG ini sudah tersedia di Google Play Store sejak bulan Agustus 2014 silam. CEO sekaligus Founder LiteBIG, M Tesar Sandikapura, alasan utama membuat aplikasi ini sebagai gabungan antara aplikasi berkirim pesan dengan media sosial demi. “Dari sisi security, kami cukup concern dengan hal ini, walaupun sekarang masih terus kami sempurnakan. Yang pasti, kami lakukan aspek security di semua layer,” kata Tesar memberikan keterangan detail.

Fitur unggulan lain dari aplikasi LiteBIG adalah pengguna bisa membuat group chat dengan anggota hingga 1.000 orang. Sebagai perbandingan, batas maksimal group chat WhatsApp hanya 256 orang, peningkatan dari sebelumnya yang hanya mampu hingga 100 orang. Nah, keren kan, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mengenal Nurhadi-Aldo, Pasangan Capres Fiktif yang Sedang Viral

Keren! Indonesia Bakal Pimpin Presidensi Dewan Keamanan PBB Hingga 2020