in ,

Menikmati Sensasi Jembatan Kaca di Tana Toraja

Siapa yang sudah pernah menikmati sensasi berjalan diatas jembatan, dan jembatan tersebut terbuat dari kaca? Ngeri kan! Di Indonesia, setidaknya ada 3 (tiga) jembatan yang terbuat dari kaca. Kesemuanya menjadi viral karena bentuk dan bahannya yang terbuat dari kaca, unik dan sangat menarik.

Jika dilihat dari fungsi utamanya, jembatan memang selalu digunakan untuk menghubungkan dua dataran yang terpisah oleh sungai atau dataran yang lebih rendah. Tapi ada juga jembatan yang bisa dijadikan spot untuk berwisata, biasanya karena ada pemandangan yang indah dan menakjubkan di sekitaran jembatan tersebut. Salah satu yang menarik adalah Jembatan Kaca. Jembatan Kaca yang cukup terkenal di dunia adalah Shijiazuang, terletak di Provinsi Hebei, China. Jembatan Kaca yang dikenal dengan nama Hongyagu ini menjadi spot wisata yang favorit oleh orang yang suka adrenalin. Jembatan Hongyagu membentang sejauh 288 Km, dan lebarnya hanya 2 meter. Sudah dapat dibayangkan bukan, bagaimana ngerinya ketika kalian berjalan melintasi jembatan tersebut? Apalagi Jembatan Hongyagu ini menghubungkan dua tebing yang sangat curam di Hungyagu Scenic Area.

Jembatan Kaca di China
hiddenskills.wordpress.com

Eits, Toraja juga punya loh Jembatan Kaca seperti itu. Kalian yang tinggal di Sulawesi, tidak perlu jauh-jauh pergi ke China karena Toraja juga sudah punya jembatan yang unik dari kaca ini. Jembatan ini disebut sebagai satu-satunya jembatan kaca di Sulawesi Selatan, dan jembatan kaca ketiga di Indonesia. Selain di Toraja, jembatan kaca di Indonesia juga bisa ditemukan di Yogyakarta dan Malang.

Jembatan Kaca di Tana Toraja membentang sepanjang 90 meter, dan berlokasi di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Kekuatan kaca temper mampu mencapai tiga sampai lima kali lipat terhadap sapuan beban angin, tekanan air, benturan, dan perubahan suhu atau temperatur di sekitar Jembatan. Jembatan Kaca ini terbuat dari kaca yang mampu menahan 200 kilogram per meter persegi, dengan ketebalan kaca kurang lebih 2,5 cm. Wah, kalian berani untuk berjalan di atas jembatan tersebut?

Proses Pembangunan Jembatan Kaca di Toraja
netz.id

Adapun kaca yang digunakan di sepanjang jembatan ini diproduksi oleh produsen dari Surabaya yang sudah berlisensi resmi sebagai kontraktor yang berkualitas. Proyek pembangunan Jembatan Kaca ini ditangani oleh PT. Mari Bangun Persada Spesialis, dimulai pada bulan Agustus 2017 lalu, dan telah berakhir pada Januari 2018.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 5

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 60.000000%

Downvotes: 2

Downvotes percentage: 40.000000%

Berpetualang di Jembatan Kaca Terpanjang Dunia, Please Jangan Lihat ke Bawah!

Mengejutkan, Ternyata Media Sosial Hanya Membuat Remaja Sedih