in ,

Punya Citarasa Tak Biasa, Inilah Keistimewaan Ikan Bakar Khas Makassar

CakapCakap – Makassar adalah salah satu markas paling besar untuk tempat-tempat wisata serta ragam kuliner. Sehingga tak heran jika kota ini banyak dikunjungi oleh para pelancong yang ingin sekedar berlibur atau berburu wisata kuliner. Jika kamu pernah berkunjung ke Pelabuhan Paotere, maka di sana Cakap People akan menyaksikan banyak orang yang menjajakan menu ikan bakar.

Lantas, apa yang menjadi pembeda antara ikan bakar wilayah lain dengan ikan bakar khas Makassar ini? Tentu saja ada bedanya! Penasaran kan jadinya?

Dilansir dari Republika, seorang pakar kuliner bernama Arie Parikesit menuturkan, apabila ikan bakar Makassar memiliki perbedaan dari ikan bakar yang biasa ditemukan di wilayah Jawa. Bedanya ikan yang digunakan di wilayah Makassar merupakan jenis ikan segar yang baru saja ditangkap. Kemudian baru dimasak jika ada pesanan. Sehingga saat ikan diolah menjadi menu ikan bakar rasanya masih terbilang segar.

Sajian ikan bakar bumbu parape khas Makassar via okezone.com

Biasanya ikan bakar Makassar terdiri dari 3 jenis, meliputi ikan bakar rica, ikan bakar polos serta ikan bakar parape. Ikan bakar rica merupakan ikan yang dibakar menggunakan bumbu ruca-rica dengan sensasi rasa yang cukup pedas. Untuk bakar polos, ikan hanya dibakar tanpa menggunakan bumbu, bahkan tiada garam yang ditaburkan pada ikan bakar polos. Sementara bakar parape ialah ikan yang dibakar dengan bumbu parape yang memiliki cita rasa manis. Bumbu-bumbunya adalah gula merah, bawang merah serta kecap.

Tak hanya terhenti sampai disitu saja beda ikan bakar khas Makassar dengan ikan bakar di daerah lain. Sebab ikan bakar khas Makassar tak dibuat gosong hasilnya. Hal tersebut karena ikan yang dibakar diberikan alas berupa daun pisang. Alhasil bakaran tak langsung menyentuh daging ikan, sehingga tak sebabkan gosong, Cakap People.

Ikan bakat tersebut sangat nikmat jika disajikan bersama nasi hangat serta aneka sambal. Mulai dari racca mangga atau acar mangga, sambal petis, sambal hijau pedas asam, sambal dabu-dabu hingga sambal kemangi dan aneka jenis sambal lain. Sambal tersebut selain memberikan sensasi rasa pedas juga sekaligus menawarkan rasa yang segar. Terlebih pada sambal yang memiliki rasa asam. Maka akan semakin membuat nafsu makan menjadi meningkat.

Ikan bakar via detik.com

Ikan Makassar tak hanya bisa diolah dengan cara dibakar saja lho! Melainkan juga biasa dihidangkan dalam olahan goreng. Tersedia kurang lebih 15 macam ikan yang biasanya diolah dengan cara dibakar, antara lain: ikan baronang, ikan bandeng atau ikan bolu, ikan kakap, ikan bau bara, ikan kerapu atau sunu, serta ikan cepa. Biasanya yang menjadi favorit untuk dibakar ialah ikan kerapu atau ikan sunu.

Jika Cakap People berminat mencicipi sajian ikan bakar khas Makassar, maka kamu bisa berkunjung ke salah satu rumah makan yang menghidangkan menu ikan bakar lezat. Rumah  makan tersebut terletak di Jalan Sabutung No 46, Makassar. Namanya ialah RM Paotere. Jangan lupa mencicipi ikan bakar khas Makassar ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Beruntung! 6 Zodiak Ini Tipe Pribadi Mandiri dan Tak Mudah Terpengaruh

Es Krim Ini Berikan Sensasi Ala Superhero di Setiap Gigitan