in ,

Susu Kental Nggak Bagus Buat Anak? Yang Bener?

Pernah dengar tentang perdebatan mengenai susu kental manis (SKM) untuk kesehatan anak? Selama ini, SKM dianggap menjadi minuman yang direkomendasikan buat mendukung kesehatan dan pertumbuhan anak. Tapi, sebenarnya susu jenis ini menuai banyak kritik, lho.

Menurut Dokter Spesialis Gigi Anak, Annisa Rizki Amalia, susu kental manis sebenarnya sangat nggak direkomendasikan buat dikonsumsi terutama buat anak-anak. Alasannya:

1. Nggak mengandung Nutrisi

Meski dibuat dari susu sapi murni, susu kental manis nggak mengandung nutrisi susu sapi. Hal ini karena susu kental manis sudah banyak mengalami proses sehingga membuat hasil akhir produk mengalami penurunan nutrisi.

2. Kandungan Gula Tinggi

Kalau kamu pecinta susu kental manis, pastinya kamu adalah pecinta makanan manis. Proses pembuatan susu kental manis memerlukan gula untuk membuat tekstur susu menjadi kental dan lengket. Konsumsi susu kental manis dapat menimbulkan gangguan kesehatan gigi dan mulut. Gula yang menempel di gigi akan menjadi asam. Proses ini masih ditambah dengan proses penguraian oleh bakteri dalam mulut. Asam dapat mengikis lapisan enamel gigi dan menyebabkan lubang gigi.

3. Nggak direkomendasikan buat anak-anak

Kadang orang tua merasa sudah memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D untuk anak dengan memberikannya susu kental manis. Padahal, kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu kental manis masih jauh di bawah susu sapi murni.

4. ASI Lebih Baik untuk Anak

Susu kental manis memang nggak bisa disejajarkan sama ASI. ASI, juga mengandung gula. Tapi gula yang ada di dalam ASI adalah laktosa dengan tingkat manis yang paling rendah. Sedangkan susu kental menis mengandung Lactosa sebanyak 10% dan sisanya sukrosa atau gula biang. Konsumsi Sukrosa berlebih bisa menyebabkan kegemukan dan kekurangan gizi pada anak.

Nah, sekarang tahu kan kalau susu kental manis nggak baik buat anak. Jadi, kurang-kurangin ya konsumsi susu kental manisnya. Nggak hanya untuk anak, tapi juga buat diri sendiri.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Manfaat Kimchi yang Wajib Banget Kamu Ketahui

Mencari Petani Gowa dengan Lahan Luas