in ,

6 Penyebab Kuku Cantengan yang Jarang Disadari

CakapCakap — Meski banyak yang tak tahu istilahnya, tapi Cantengan sering terjadi pada setiap orang. Sebenarnya Cantengan ini adalah kondisi dimana kuku tumbuh tidak semestinya. Hal yang terjadi kemudian adalah kuku masuk menmbus kulit dan daging sehingga menyebabkan peradangan dan infeksi. Biasanya orang-orang mengalami cantengan ini di bagian kuku ibu jari kaki. Cakap People yang pernah merasakan Cantengan ini pasti merasakan rasa tak nyaman karena jempol kaki bengkak dan bernanah. Nah, biasanya cantengan ini sering terjadi karena beberapa sebab seperti ini:

Kuku ibu jari kaki yang cantengan via Istimewa.

1. Memotong kuku tidak benar

Salah satu penyebab cantengan yang umum terjadi adalah cara memotong kuku yang salah. Bisa jadi karena terlalu pendek atau memotong kuku tidak rata sehingga kuku tumbuh ke arah yang tidak seharusnya.

2. Mengenakan sepatu sempit

Sering mengenakan sepatu atau alas kaki yang sempit bisa menekan kuku sehingga tumbuh ke arah yang salah. Kuku akan tertekan ke dalam sehingga memicu pertumbuhan yang salah. Untuk itu dianjurkan untuk mengenakan sepatu yang pas di kaki sehingga pertumbuhan kuku tidak bermasalah.

3. Cedera kuku

Kecelakaan yang terjadi pada jari kaki yang menyebabkan cedera pada kuku bisa juga menjadi penyebab cantengan. Misalnya terkena pintu atau meja, atau tertimpa barang-barang yang berat. Hal ini akan membuat kuku cedera sehingga pertumbuhannya menjadi bermasalah.

Cedera di bagian jari kaki via Kata.

4. Aktifitas yang mengganggu pertumbuhan kuku

Aktifitas rutin yang dilakukan menggunakan jari kaki biasanya juga jadi pemicu cantengan. Misalnya bermain bola kaki atau menari balet. Saat melakukan aktivitas seperti ini, jari-jari kaki akan lebih sering tertekan sehingga membuat pertumbuhan kuku juga jadi bermasalah. Apalagi kegiatan ini adalah aktivitas rutin yang selalu dilakukan sehingga membuat kuku semakin berpotensi untuk cedera.

5. Jari dan kuku tak sebanding

Setiap orang memiliki bentuk jari yang berbeda. Penyebab lain dari cantengan adalah kondisi jari yang terlalu kecil dan tak sebanding dengan ukuran kuku. Akibatnya jari tidak mampu mengimbangi pertumbuhan kuku sehingga menyebabkan pertumbuhan kuku terganggu dan masuk ke dalam daging.

Perawatan kuku yang cantengan via Penyakit.

6. Kaki kotor

Kaki yang kotor juga bisa memicu cantengan. Misalnya menggunakan kaos kaki yang tak diganti, atau bertelanjang kaki ke tanah yang membuat partikel debu masuk ke sela-sela kuku dan menyebabkan infeksi.

Ada banyak faktor yang membuat kondisi cantengan ini masih sering terjadi sehingga Cakap People harus teliti dengan berbagai penyebabnya. Tak selalu membersihkan kuku dan mengenakan sepatu yang pas, terkadang cantengan juga bisa terjadi karena penyebab lainnya. Jadi lebih sering memperhatikan pertumbuhan kuku jari kaki ya. [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Loading…

Ternyata Semprotkan Angin saat Ganti Oli bisa Merusak Mesin

Wow! Pramugari Beresiko Lebih Besar Terkena Kanker Payudara