in ,

Ini yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum ke Australia

Australia memang unik. Salah satunya karena negara ini merupakan satu benua utuh. Yang paling mengasyikkan, gaes, negara ini lokasinya lumayan dekat dengan negara kita. Berbatasan secara fisik pula. Tak mengherankan jika negara ini menjadi salah satu target orang Indonesia untuk berwisata maupun melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Negeri yang dulunya didiami oleh Suku Aborigin ini memang berhasil menarik jutaan turis dari berbagai belahan dunia, mulai dari Eropa, Amerika Utara hingga mereka yang berasal dari Asia Timur. Tapi, gaes, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu soal Australia. Akan lebih kalau kamu sudah mengetahuinya sebelum menginjakkan kaki di sana. Apa saja itu? Yuk simak poin-poin berikut.

Harus siap tidak terkoneksi dengan Internet

Gak beda jauh dengan negara kita, tarif Internet di Australia tergolong mahal dan koneksinya relatif lambat. Kalau kamu ingin sinyal Wi-Fi, kemungkinan besar kamu baru bisa mendapatkannya di hotel atau sejumlah kafe. Kalaupun ada, kecepatan koneksinya tidak bisa dibandingkan dengan di Singapura, bro. Resto seperti McDonalds atau perpustakaan umum biasanya menyediakan sinyal Internet gratis.

Nah, kalau kamu putus asa dan ngebet banget untuk online di ruang publik, sebaiknya kamu ke sana. Andaikata kebutuhan Internet kamu memang benar-benar darurat, akan lebih baik kalau kamu membeli Telstra Pay As You Go Sim card. Telstra merupakan provider Internet terbaik di Australia. Hanya dengan 30 hingga 50 dolar AS per bulan kamu sudah bisa menikmati koneksi internet yang mumpuni.

Opera Sydney via https://cdn5.img.sputniknews.com/images/106079/49/1060794956.jpg

Biaya hidup di Australia cukup mahal

Agar nyaman di Australia, paling tidak kamu harus mengeluarkan 100 hingga 200 dolar AS utuk kebutuhan akomodasi, makanan dan berbagai aktifitas lain. Transportasi bakalan menyita porsi paling besar dari alokasi dana harian kamu. Kalau kamu ingin biaya yang lebih murah saat berada di Australia, kamu bisa menggunakan maskapai seperti Tiger Airways dan Jetstar. Kamu ingin jalan-jalan murah?

Biasakan untuk menggunakan jalur daratan ketimbang naik pesawat, bro. Hotel di Australia juga relatif mahal. So, akan lebih baik kamu berwisata bareng-bareng dan menggunakan fasilitas Airbnb untuk menemukan tempat menginap. Dan, lebih baik kamu memasak makananmu sendiri. Memang ada banyak restoran di Australia, hanya saja harganya cukup mahal dan benar-benar menguras kantong. Jangan pula terlalu banyak party karena harga minuman di Australia bisa membobol dompet kamu. Tarif minuman di bar-bar Australia mahal, bro. Ingat itu!

Cuaca Australia penuh kejutan

Musim panas di Australia berlangsung dari Desember hingga Maret. Dan, berbeda dengan kawasan Amerika Utara atau Eropa, musim panas di negeri kanguru ini benar-benar menyengat sementara di beberapa wilayah Australia bakal didera hujan deras. So, jangan heran kalau kamu melihat berita di televisi ada sejumlah daerah yang mengalami kebakaran hutan. Kalau kamu mau berkunjung ke Australia lebih nyaman, coba pada bulan Oktober-November atau April-Mei. Cuacanya masih hanget meski ada kalanya hujan deras. Pastikan kamu selalu menyediakan jaket dan jas hujan, bro.

Wilayah Australia luas

Ini baru kamu ketahui setelah berada di Australia dan mengelilingi negara itu selama 6 bulan atau lebih. Kurang dari itu, kamu kurang mengerti dan paham Australia, bro. Negara ini tampaknya kecil, tapi ada beberapa fakta yang kamu perlu tahu.

Pertama, Australia merupakan negara keenam terluas di dunia dengan luas lebih dari 7 juta km persegi dengan kepadatan penduduk hanya 2,6 orang per km! Kedua, perjalanan udara dari Brisbane di timur menuju Perth di barat memakan waktu 5,5 jam! Kebanyakan orang Australia tinggal di pesisir.

So, kalau kamu ingin menggunakan perjalanan darat, pastikan kamu betah berada di perjalanan tanpa melihat seorang pun. Ketiga, perjalanan dari Sydney ke Melbourne butuh 9 jam! Jadi, pastikan kamu benar-benar sudah mempertimbangkan rute perjalanan dan tujuan wisata kamu agar tidak sia-sia. Kamu ingin perjalanan dan wisata yang nyaman? Hanya pesawat terbang yang pas buat kamu.

Kanguru jadi identitas negara Australia via https://www.aboutanimals.com/images/red-kangaroo-australia-820×454.jpg?d8bc0c

Perhatikan sinar matahari

Bukan menakut-nakuti, tapi sinar mentari di Australia benar-benar terasa teriknya, bro. Pastikan kamu menggunakan sunblock dan siap terpanggang panasnya matahari. Panas di Australia memang benar-benar unik, bro. Berbeda dengan panas di negara kita. Panas di Australia bisa membuat apapun terasa terbakar, termasuk kulit kamu. Kalau kamu tidak percaya, coba saja sendiri. Kondisi tidak nyaman ini yang membuat Australia dulu dijadikan penjara bagi para narapidana Inggris.

Jangan berharap mudah bertemu koala dan kanguru

Kedua hewan ini sulit ditemui di alam bebas. Tapi, kalau kamu mau, bisa menyambangi mereka semua di taman nasional atau kebun binatang atau masuk ke pedalaman. Kamu bisa saja menemukan koala dan kanguru di golf course, bro. Alam liar Australia memang menakjubkan. Kamu jangan kaget jika ada kadal, ular dan berbagai jenis laba-laba masuk ke koper kamu atau nangkring di bagian bawah mobil. Itu hal yang biasa.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Loading…

Sleep Paralysis, Fenomena Tidur Ketindihan yang Harus Diketahui

Nyeri Punggung? Sol Ini Bisa Memperbaiki Postur Kamu