in ,

Ini Dia 5 Kuliner Khas Gorontalo yang Wajib Dicoba, Lezatnya Menggoda

Gorontalo tidak hanya dikenal akan kekayaan alamnya yang sungguh memesona. Kota Serambi Madinnah tersebut juga menyimpan kekayaan kuliner yang sayang jika dilewatkan. Banyak tersedia makanan khas Gorontalo yang harus kamu cicipi ketika berkunjung ke sini. Jadi, belum lengkap rasanya jika kamu berlibur tanpa menikmati aneka sajian kuliner khas yang ditawarkan.

Nah, buat kamu yang sudah mulai ngiler, berikut ini adalah deretan kuliner lezat khas Gorontalo yang akan memanjakan lidah kamu sambil menikmati liburan. Simak deh guys!

1. Ayam Iloni

Ayam Iloni via sumber.com

Menu ayam yang satu ini katanya hanya bisa kamu nikmati di Gorontalo. Dilihat dari bentuknya mirip dengan ayam bakar. Akan tetapi, ayam Iloni ini diramu dengan bumbu dan rempah khusus berupa jahe, kemiri, kunyit, dan sebagainya. Rasa gurih dari bumbu yang berpadu dengan santan akan menggoyang lidahmu lho!

2. Sate Tuna

Sate ikan tuna via zonautara.com

Menu tuna yang disajikan oleh Gorontalo jelas berbeda dari tuna yang biasa kita temukan.  Jika biasanya tuna disajikan dengan digoreng atau ditumis. Lain halnya dengan Gorontalo yang mengolah tuna menjadi makanan sedikit lebih berkelas. Disini, sate tuna menjadi salah satu menu andalan selain ada juga tuna bumbu woku, dada tuna bakar, sup ikan tuna, dan sashimi tuna.

3. Es Brenebon

Es brenebon via akurat.co

Untuk menghilangkan dahaga kamu, bisa coba nih menu Es Brenebon yang khas dari Gorontalo. Minuman ini dibuat dari kacang merah yang sungguh menyegarkan. Apalagi jika kamu mengonsumsinya saat terik siang hari yang begitu menyengat.

4. Bilenthango

Olahan ikan mujair bilenthango via phinemo.com

Olahan ikan mujair ini hanya bisa kamu jumpai di Gorontalo. Kamu bisa menyantap makanan yang diolah dengan unik ini. Bilenthango digoreng dengan menggunakan daun pisang sebagai alas minyak dan ikan.

5. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta via youtube.com

Makanan ini terbuat dari jagung putih ketan yang dicampur dengan kelapa parut, udang serta suwiran ikan cakalang. Campuran tersebut kemudian disiram dengan kuah rempah khas dari Gorontalo yang membuat rasanya semakin nikmat dan gurih. Sekilas mirip dengan bubur Manado yang juga nikmat disajikan dengan tambahan lauk lainnya.

Mau nyicipi yang mana nih, guys?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 Kuliner Ini Disajikan dengan Cara Tak Lazim, Berani Coba?

Cara Tepat Mengaplikasikan Lipstik Nude Buat Si Bibir Tebal