in ,

Gua Salukang Kallang, Wisata Eksotis yang Tersembunyi di Maros

Kekayaan alam Indonesia sudah bukan rahasia lagi. Begitu banyak obyek wisata alam yang disajikan dan semakin populer akhir-akhir ini. Bahkan hampir seluruh wilayah nusantara kini berlomba-lomba memamerkan pesona alam masing-masing untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Gua Salukang Kallang di kawasan Taman Nasional Bantimurung via mongabay.co.id

Demikian halnya dengan kabupaten Maros. Terdapat keunikan di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) yang memiliki beberapa site menarik. Kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung memiliki obyek wisata Gua Salukang Kallang yang begitu eksotis dan terpanjang di Indonesia.

Gua ini tepatnya berada di Desa Labuaja, Kabupaten Maros, TN Babul. Sebagai gua terpanjang di Indonesia, Gua Salukang Kallang memiliki panjang lebih dari 27 kilometer. Setidaknya, ada empat pintu masuk yang tersedia untuk menyusuri gua ini. Wah, Seperti apa ya keunikannya?

Surga bawah tanah Gua Salukang Kallang via gowest.id

Ketika memasuki gua, pengunjung akan disambut dengan atap gua yang melengkung layaknya terowongan. Akan tetapi, semakin masuk ke dalam, maka atap gua pun semakin menyempit dan pengunjung bisa merayap bersama lumpur. Ada juga genangan air yang cukup dalam setinggi dada orang dewasa. Sehingga untuk bisa melewatinya dibutuhkan kehati-hatian ekstra pengunjung.

Keunikan Gua Salukang Kallang bukan hanya terletak pada bagian dalamnya saja, tetapi juga pesona indahnya menjelang senja. Apalagi Gua Salukang Kallang juga merupakan tempat tinggal bagi sekitar 28 spesies binatang langka lho! Gua yang berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Makassar ini merupakan sumber dari air terjun Bantimurung Bulusaraung yang letaknya tidak jauh dari gua tersebut.

Gua Salukang Kallang Makassar via makassar.terkini.id

Saat tiba di area parkir, pengunjung bisa menitipkan kendaraan mereka pada petugas parkir yang sudah siaga di pinggir jalan. Atau, pilihan lainnya adalah dengan menitipkan kendaraan di rumah penduduk setempat. Butuh perjalanan sekitar 1 kilometer dari pintu masuk menuju ke akses gua.

Mulut gua yang berdiameter hanya sekitar 50 sentimeter tersebut memang mengundang penasaran bagi wisatawan yang berkunjung. Selain itu, kabarnya pesona stalaktit serta stalagmite di dalam gua menunjukan fenomena yang indah dengan beragam corak. Jadi penasaran kan? Buruan packing travel bag kamu guys dan langsung berkunjung ke sini ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Comments

Loading…

5 Bukit Cantik Teletubbies Ini Hanya Ada Di Sulawesi Selatan Lho

Nggak Lagi Takut Kesepian Dengan 5 Robot Canggih Ini