in ,

Fakta Tentang Usus Buntu yang Selama Ini Kamu Nggak Tahu

Kebanyakan tahunya usus buntu adalah penyakit dan hasil akhirnya operasi beda di bagian perut. Tapi sebenarnya apa sih usus buntu itu, apakah karena kita makan sehingga usus jadi buntu, atau memang ada bagian usus yang nggak berhubungan dengan sistem pencernaan di dalam perut. Usus buntu ada organ kecil seperti jalur usus yang tertutup. Hanya berbentuk kantong yang terhubung dengan usus besar. Nah, buat kamu yang belum paham tentang usus buntu ini, bisa tahu informasi singkat tentang usus buntu.

1. Penghasil bakteri baik

Dulunya usus buntu dianggap sebagai organ yang nggak penting dan hanya sebagai sisa proses evolusi manusia. Tapi ternyata setelah diteliti tentang kegunaan usus buntu ini, para peneliti menemukan fakta bahwa usus buntu berguna untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh. Tapi jika akhirnya terjadi peradangan di usus buntu dan harus dihilangkan, maka nggak akan ada keluhan negatif dari proses pencernaan pada usus secara keseluruhan.

2. Makanan kaya serat untuk menghindari peradangan

Setiap orang memiliki usus buntu karena merupakan organ bawaan sejak lahir. Tapi kamu nggak bisa memastikan bahwa usus buntuk nggak mungkin bermasalah meski kamu menerapkan hidup sehat. Ternyata ada cara pencegahan yang dianggap cukup tepat untuk menghindari peradangan pada usus buntu yaitu banyak mengkonsumsi sayuran dan buah kaya serat. Serat yang masuk ke dalam usus akan membuat proses pencernaan menjadi lancar dan nggak akan ada sumbatan  atau kotoran yang masuk ke dalam usus buntu.

3. Rasa sakit di sekitar pusar

Lokasi usus buntuk berada di perut bagian kanan, tapi ketika peradangan terjadi yang paling pertama kali sakit adalah bagian di sekitar pusar dan kemudian bergerak ke sis perut sebelah kanan. Tapi rasa sakit yang dirasakan penderita peradangan usus buntu sama dengan rasa sakit seperti pada saat haid bagi wanita. Sehingga menyulitkan identifikasi apakah sakit yang dirasakan karena haid atau peradangan usus buntu. Tapi kamu bisa memprediksinya dari siklus bulanan apakah sudah masa haid atau belum ketika rasa sakit di perut itu muncul. Ditambah lagi sakit karena peradangan usus buntuk dimulai dari sekitar pusar yang nggak dialami oleh wanita haid.

Usus buntu via galena.co.id

4. Lebih sering terjadi pada pria

Peradangan usus buntuk biasanya lebih rentan dirasakan oleh pria daripada wanita. Menurut penelitian American Journal of Epidemiology, resiko masalah usus buntuk sedikit berkurang pada wanita karena faktor asupan serat. Wanita dianggap lebih banyak mengkonsumsi serat daripada pria.

5. Operasi usus buntu sangat mudah

Saat ini sudah ditemukan peralatan dan prosedur operasi usus buntu yang lebih cepat lagi yaitu dengan metode laparoskopi yang nggak menyebabkan luka atau sayatan besar. Prosedur ini hanya memakan waktu kurang dari 10 menit. Tapi itu bisa dilakukan jika peradangan masih dalam taraf normal. Jika usus buntu pecah, maka penanganan akan lebih berat dan berbahaya. Saat usus buntu pecah, kotoran dan bakter akan keluar dan menginfeksi bagian usus yang lain. Paramedis harus bekerja lebih keras membersihkan sisa kotoran dan memperbaiki organ yang rusak karena bakter dari pecahan tersebut.

Tanda gejala usus buntu via alodokter.com

Itu dia beberapa fakta tentang usus buntuk yang mesti kamu ketahui. Lebih baik mencegah peradangan dengan cara mengkonsumsi sayuran dan buahan kaya serat agar usus buntu nggak tersumbat dengan kotoran.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Smartphone Kamu Hilang? Jangan Panik, Gunakan 4 Aplikasi Ini untuk Melacaknya

Sering Pipis Saat Kondisi Dingin? Itu Normal Kok!