in ,

Fakta Payudara Terasa Sakit, Terungkap 5 Pemicunya

CakapCakap – Payudara merupakan salah satu organ yang cukup vital bagi wanita. Oleh karena itu, Cakap People wajib menjaga dan merawatnya sebaik mungkin. Perkara kesehatan kamu tak boleh main-main lho! Terlebih mengenai payudara yang memegang peranan penting. Untuk merawat kesehatan payudara pun diperlukan beberapa tindakan yang mendukung, salah satunya dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu yang notabene menyehatkan.

Namun ada saatnya payudara mengalami sakit. Pernahkah kamu mengalaminya? Hampir meyoritas wanita pernah merasakan hal tersebut. Lantas, apa yang sebenarnya menyebabkan payudara menjadi sakit seperti itu? Kamu akan mendapatkan jawabannya pada ulasan berikut ini.

1. Penggunaan bra yang tak tepat

Penggunaan bra yang salah via meetdoctor.com

Sebaiknya sesuaikan ukuran bra dengan ukuran payudara yang kamu miliki. Hindari untuk mengenakan bra yang berukuran terlalu kecil, sebab salah bra dapat membuat payudara kamu jadi nyeri dan mengalami rasa sakit. Terlebih jika ukuran payudara kamu besar namun dipasangkan dengan bra yang terlampau mini ukurannya. Pasti akan sangat menyiksa.

2. Peningkatan olahraga

Adanya peningkatan olahraga via okezone.com

Jika kamu menjalani program olahraga yang lebih keras dibanding sebelumnya, contohnya saja push up maka otot yang terletak di sekitar area payudara akan merasakan dampaknya. Bukan bagian otot payudara secara langsung, melainkan otot dada yang merasakan stretch terlampau lama. Lantas, apa solusinya? Sebaiknya kurangi intensitas latihan agar rasa sakit bisa hilang.

3. Haid

Saat wanita sedang haid via yukepo.com

Tamu bulanan wanita yang satu ini akan membuatmu merasakan aneka sensasi rasa jika sedang datang berkunjung. Bahkan, kamu jadi lebih sering uring-uringan saat haid atau menstruasi tiba. Namun, ternyata di masa ini juga menyebabkan rasa sakit pada payudara. Ketika ovulasi berlangsung, maka kadar hormon seperti testosteron, estrogen dan progesteron akan naik. Sementara saat masa PMS hormon-hormon tersebut mengalami penurunan yang cukup signifikan. Alhasil wanita akan merasakan sakit di bagian payudara.

4. Sensitif pada kopi

Sensitif pada kopi via okezone.com

Perlu kamu ketahui, jika beberapa wanita akan merasa sensitif pada kopi. Salah satu dampak yang diakibatkan dari sensitivitas tersebut adalah payudara yang terasa sakit. Diane Young menyebutkan jika payudara memiliki sebuah saluran kecil dimana kadang bisa bengkak akibat rangsangan dari kafein ataupun cokelat, alhasil payudara akan lebih skait dan keras.

5. Adanya benjolan atau bengkak

Ada benjolan atau bengkak via klikdokter.com

Merasa payudara kamu tampak keras dan besar akibat bengkak? Hal tersebut lantaran jaringan payudara fibrocystic. Benjolan tersebut bisa saja merupakan tanda adanya masalah di bagian payudara. Sebaiknya periksakan ke dokter jika menemukan benjolan pada payudara.

Daripada terjadi hal-hal yang tak diinginkan, maka akan lebih baik jika Cakap People berkonsultasi pada ahlinya bila mengalami masalah pada payudara. Hal tersebut akan membuat kamu lebih tenang. Sebab kesehatan merupakan prioritas utama bagi setiap insan. Mencegah lebih baik bukan dibanding mengobati?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 Spot Santap dengan Panorama Terbaik di Lombok

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Agar Tak Merana Saat Usia Senja