in ,

Duh, Kerja Hingga Larut Malam Ternyata Bisa Memicu Kanker Lho!

Bekerja sampai larut malam kayaknya udah jadi budaya orang Indonesia ya. Ada pak satpam yang berjaga pada dini hari, perawat yang harus stand by di jam tidur, dan berbagai pekerjaan lainnya yang membutuhkan waktu kerja di malam hari. Kalau kerjanya di malam hari, otomatis jadi terpaksa begadang deh.

Kerja hingga larut malam via http://pinterest.com

Padahal begadang memicu penyakit berat pada tubuh lho, salah satunya adalah penyakit kanker. Dilansir dari The Independent, sebuah penelitian di China mengungkapkan bahwa ada hubungan kerja shift malam yang dilakukan dalam jangka panjang dengan penyakit kanker. Bahkan ada 11 macam kanker yang berpotensi menyerang orang yang bekerja di malam hari.

Menurut penelitian tersebut, wanita lebih beresiko terkena kanker dibandingkan pria dalam kasus begadang di malam hari. Resikonya pada wanita bisa mencapai 20%.

Resiko kanker bagi pekerja di malam hari via http://kompasiana.com

Para pekerja malam hari berpotensi terkena kanker kulit sebesar 41% dan kanker payudara sebesar 32%. Sedangkan menurut penelitian lain yang dituangkan dalam Jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, para perawat memiliki resiko kanker sebanyak 58% lebih tinggi dibandingkan pekerja lain yang bekerja di siang hari.

Hal ini dipengaruhi oleh korelasi antara kerja malam dan pola tidur yang buruk sehingga memicu terjadinya berbagai macam penyakit. Proses biologi dalam tubuh pun tidak bekerja secara teratur sehingga merusak organ tubuh sendiri.

Oleh karena itu, bagi pekerja shift malam disarankan untuk mengikuti skrinning kanker untuk mendeteksi adanya kanker lebih dini untuk penanganan awal. Jangan sampai sudah stadium lanjut baru ketahuan jika ada sel kanker di dalam tubuh.

Waduh, mulai sekarang hindari kerja saat larut malam, yuk. Maksimalkan bekerja di siang hari supaya pada malam hari tubuh bisa istirahat dengan optimal.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 Cara Ampuh Mengatasi Cegukan, Udah Pernah Nyoba?

Tak Perlu Galau Jika LDR-an, Ini 4 Kelebihan yang Dirasakan