in ,

6 Alarm Tubuh Ini Tunjukkan Kalau Kamu Kurang Kalori

Banyak orang mengurangi jumlah makanan yang masuk ke tubuh mereka dengan alasan diet dan nggak mau berat badan bertambah. Pada akhirnya yang terjadi adalah asupan kalori dalam tubuh berkurang dan yang terjadi malah bikin sakit dan keadaan bertambah parah. Pada saat tubuh kekurangan asupan kalori maka tubuh akan memberikan tanda melalui gejala-gejala yang bisa dikenali.

Berikut ini beberapa cara tubuh untuk memperingatkan kamu bahwa kamu kekurangan kalori dalam tubuh.

1. Gelisah

Kurang asupan kalori bisa juga pengaruhi mood hingga akibatkan gelisah via http://merdeka.com

Suasana hati sangat dipengaruhi oleh asupan kalori yang kurang di dalam tubuh. Merasa gelisah dan perasaan nggak tenang bisa jadi tanda bahwa kamu kurang asupan makanan. Rasa lapar akan memperkuat perasaan cemas dan kamu pun jadi gelisah berkepanjangan. Otak akan merespon hal ini bahwa tubuh kamu kekurangan kalori dan hal yang nggak beres sedang terjadi di dalam tubuh.

2. Lemas

Energi tak terpenuhi bisa sebabkan tubuh lemas via http://uangteman.com

Kalori adalah salah satu indikasi bahwa energi yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Jika energi dalam tubuh nggak terpenuhi dengan baik, pastinya badan bakal lemas dan lesu. Bahkan hal-hal kecil kayak berjalan atau mengangkat barang bisa jadi tugas yang berat karena kekurangan asupan kalori.

3. Pusing

Telat makan atau diet ketat bisa sebabkan sakit kepala via http://klikdokter.com

Gula darah rendah atau Hipoglikemia bisa menyebabkan migrain. Sakit kepala sebelah ini adalah sinyal di tubuh untuk mengatakan bahwa kamu nggak cukup makan. Diet ketat dan telat makan bisa memicu sakit kepala.

4. Sembelit

Mengalami sembelit via http://ciricara.com

Kalau kurang makan berarti asupan serat di dalam pencernaan juga berkurang. Hal ini bakal menyebabkan kurangnya insulin dan bikin hilangnya air dalam usus untuk melumatkan tinja. Alhasil kamu akan mengalami sembelit atau sulit buang air besar.

5. Rambut rontok

Mengalami kerontokan rambut via http://abiumi.com

Rambut yang rontok adalah salah satu penyebab kurangnya asupan kalori dalam tubuh. Tubuh akan berusaha untuk mengirim nutrisi dan protein ke tempat yang dibutuhkan dan rambut bukanlah salah satu prioritas. Ketika asupan makanan berkurang, maka persediaan protein dan nutrisi akan dikirimkan ke hati dan ginjal, bukan ke rambut. Ini akan menyebabkan rambut jadi nggak sehat dan rontok.

6. Gampang sakit

Jadi gampang sakit via http://hellosehat.com

Kekurangan makan bakal bikin tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit. Tubuh bakal memilih mana bagian tubuh yang berhak mendapatkan asupan vitamin sehingga sel kekebalan tubuh mungkin akan jadi terabaikan. Sel pelawan infeksi ini nggak akan bekerja dengan baik karena tubuh lebih memilih mengalirkan makanan ke organ lainnya.

Program diet yang tepat bisa jadi solusi untuk masalah berat badan. Bahkan nggak harus mengurangi porsi makan aja, pola hidup sehat seperti rutin berolah raga dan makan-makanan bergizi juga bisa bikin berat badan jadi ideal. Jadi nggak perlu memaksakan untuk mengurangi porsi makan yang bikin tubuh malah jadi sakit.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

5 Wanita Karir di Dunia Teknologi Ini Bisa Menginspirasimu!

Ketahuilah, Ternyata Karang Gigi Berefek Negatif Bagi Kesehatan