in ,

5 Bahan Makanan Ini Justru Bahaya Jika Dicuci Dahulu Sebelum Dimasak

Cakapcakap – Memasak merupakan suatu kegiatan yang sangat mengasyikkan. Sejak masih kecil kita pun diajarkan kebiasaan-kebiasaan baik sebelum memasak. Salah satunya dengan mencuci bahan-bahan makanan sebelum dimasak. Lantas. Benarkah kebiasaan tersebut Cakap People?

Sebenarnya kebiasaan tersebut memiliki manfaat yang cukup baik, agar debu dan kuman yang menempel pada bahan makanan bisa hilang. Tetapi untuk beberapa jenis bahan makanan tertentu ada yang tak perlu dicuci lho! Jika kamu ikut serta mencuci bahan makanan tersebut, justru akan memicu beberapa dampak, seperti bakteri atau kuman yang bisa menyebar dengan mudah. Lalu, apa saja bahan makanan yang tak boleh dicuci itu?

1. Pasta

Pasta via aliexpress.com

Gemar memasak pasta? Ternyata di dalam pasta terdapat jenis pati alami yang akan bersatu dengan saus apabila kamu memasaknya secara bersama-sama. Apabila kamu mencuci pasta setelah merebusnya, maka pati alami tersebut akan ikut terbuang seiring dengan air cucian bekas cucian pasta. Selain itu, tekstur dari pasta juga akan berubah.

2. Telur

Telur via nakita.grid.id

Beberapa orang kerap mempertimbangkan terlebih dulu sebelum mencuci telur. Sebab seperti yang kamu ketahui, bahwa telur dihasilkan dari bagian belakang ayam. Sehingga kebersihannya perlu dipertanyakan. Di negara Amerika, standar kebersihan telur memang sangat ketat. Bahkan hampir semua telur yang diperdagangkan harus dibersihkan terlebih dulu dengan air panas serta sabun.

Alhasil bagian cangkang telur terlihat bersih. USDA juga menjelaskan, jika lapisan pelindung alami yang ada pada telur nantinya akan diganti menggunakan lapisan ringan dari minyak mineral melalui proses tersebut. Sehingga telur akan terlindungi. Namun tak semua negara sudah memberlakukan standar tersebut. Sehingga jika kamu merasa tak yakin telur sudah bersih, maka kamu dapat mencucinya menggunakan air yang mengalir.

3. Salad Kemasan

Salad kemasan via aliexpress.com

Saat ini produk-produk makanan kian mengalami perubahan yang lebih modern. Sehingga lebih memudahkan konsumen untuk mengonsumsinya. Salah satunya adalah salad dalam kemasan. Salad yang siap santap dengan logo prewashed tak perlu kamu cuci sebab telah dibersihkan sebelum melewati masa packing. Apabila kamu tetap mencucinya, maka kuman ataupun bakteri yang ada di dalamnya bisa berpindah.

4. Jamur

Jamur via today.line.me

Hindari untuk mencuci jamur yang kamu beli dari pasar menggunakan air. Sebab mencuci jamur dengan air hanya akan mengubah tesktur dan rasanya. Lantas, bagaimana cara yang tepat? Kamu bisa memakai kertas ataupun kain yang bersih guna membersihkannya.

5. Jenis unggas dan ikan

Ikan dan unggas via blog.plater.id

Sering mencuci ikan atau produk unggas sebelum dimasak? Sebaiknya mulai hindari kebiasaan tersebut. Sebab mencucinya dalam bak wastafel hanya akan membuatnya terkontaminasi dengan bakteri.

Nah, sudah tahu kan sekarang Cakap People soal bahan makanan yang sebaiknya tak dicuci sebelum dimasak? Maka mulai sekarang segera hentikan kebiasaan yang dulu sempat disangka benar demi kesehatan tersebut.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Arborek, Pulau Kecil yang Mencuri Hati Masyarakat Dunia

Histori Hari Ini (3 Agustus)