in ,

Lebih Menyehatkan Dibanding Gunakan Kendaraan Pribadi, Ayo Naik KRL!

CakapCakap – Transportasi umum memang sudah menjadi pilihan banyak orang di kota-kota besar, termasuk di Indonesia, untuk membantu mengantarkan kemanapun dalam aktivitas sehari-hari. Tapi tidak bisa dipungkiri juga masih ada yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi, yang pada akhirnya akan menambah kemacetan. Nah, bagi Cakap People yang terkadang masih ragu untuk naik transportasi umum, misal kereta listrik (KRL) atau commuter line, kamu sepertinya perlu tahu hal ini.

Sebuah penelitian di Inggris membuktikan bahwa naik KRL jauh lebih menyehatkan. Via mnctrijaya.com

Sebuah penelitian di University College London Inggris telah membuktikan bahwa naik KRL jauh lebih menyehatkan, seperti dimuat dalam laman Detik.com. Alasannya karena angkutan umum memaksa seseorang untuk bergerak lebih banyak, setidaknya berjalan menuju stasiun atau terminal terdekat. Dengan semakin banyak bergerak, maka metabolisme meningkat dan karenanya tak mudah gemuk. Dari hasil analisis Indeks Massa Tubuh (IMT) sebanyak 7.424 orang pelaju di Inggris, didapatkan fakta bahwa para pengguna angkutan umum memiliki selisih rerata IMT 0,9 hingga 1,1 poin lebih rendah.

IMT adalah rasio antara berat badan dalam kg dibandingkan kuadrat berat tinggi dalam meter. IMT lebih tinggi dikaitkan dengan kegemukan. Penelitian lain menganalisis data English National Travel Survey tahun 2010-2014 yang menemukan fakta bahwa 2 dari 3 pengguna moda transportasi kereta harus berjalan kaki sekitar 30 menit menuju stasiun. Volume aktivitas fisik yang sama hanya didapat oleh 1 dari 5 pengguna bus. Organisasi kesehatan dunia (WHO) sendiri memang merekomendasikan aktivitas fisik ringan hingga sedang selama 30 menit setiap hari untuk menjaga tubuh selalu bugar.

Pengguna moda transportasi kereta setidaknya harus berjalan kaki sekitar 30 menit menuju stasiun. Via jakartabytrain.com

“Mengganti mode transportasi ke tranportasi umum dapat meningkatkan aktivitas fisik, yang dapat menurunkan risiko kelebihan berat badan dan membuat komposisi tubuh lebih sehat,” ungkap Ellen Flint dari London School of Hygiene and Tropical Medicine yang terlibat dalam penelitian University College London, dilaporkan laman lainnya di Detik.com. Penelitian itu membuktikan orang-orang yang naik transportasi umum punya tubuh lebih kurus dibanding mereka dengan kendaraan pribadi.

“Menggunakan bus atau kereta akan membuat Anda berjalan lebih banyak. Yang efeknya membakar lemak tubuh sdan membuat tubuh lebih aktif,” tambah Flint lagi. Nah, ayo naik KRL, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Apa Saja?

Wajib Tahu! Ini Dia 6 Racun Paling Mematikan di Dunia