in

Lakukan Ini Biar Lensa Kamera Kamu Tetap Kinclong

Tahu, nggak, sih, gaes, kalau kebersihan lensa kamera itu penting banget, lho. Tidak hanya agar kualitas foto yang dihasilkan tetap terjaga, lensa yang kotornya berlebihan dan jarang dibersihkan hanya akan menelan ongkos lebih besar untuk membersihkannya nanti.

Di sisi lain, dengan tetap terlihat baru dan bersih, harga jual kembali kamera kamu tetap oke punya. Kebanyakan dari kamu berpendapat kalau lensa kamera tak perlu perawatan. Asal masih bisa menghasilkan gambar bagus, banyak yang abai akan kebersihan barang yang satu ini. Jangan asal jepret saja, gaes. Lensa kamera juga butuh dibersihkan, lho.

Buat kamu yang bingung gimana membersihkan lensa kamera dengan baik dan benar, gak usah khawatir. Simak saja tips-tips di bawah ini. Niscaya kualitas lensa kamera kamu tetap terjaga dan juga foto yang dihasilkan tetap bagus. Apa saja tipsnya? Yuk, disimak!

Cara membersihkan bagian depan dan belakang

Gunakan blower bulp untuk membersihkan kamera kamu.
Cara bersihkan bagian depan dan belakang kamera via kruger-2-kalahari.com

Ini yang pertama banget kamu bersihkan, gaes. Ya, tepatnya bagian depan dan belakang lensa kamera kamu. Kenapa begitu? Ini tak lain karena kedua elemen optik yang ada di bagian ini paling mudah terkena kotoran, terutama bagian depan. Cara membersihkannya mudah. Sebelum kamu mengambil kain tanpa serat, gunakan sebuah blower bulb.

Dengan alat ini, debu atau kotoran halus yang nangkring di lensa kamera kamu bakal terusir. Lalu, gunakan kain tanpa serat atau cairan pembersih. Yang perlu diperhatikan dari cairan pembersih adalah jangan pernah menyemprotkannya ke arah elemen optik lensa. Sebagai gantinya, cukup kamu semprotkan cairan itu ke kain tersebut untuk kemudian kamu usapkan.

Cara membersihkan bagian luar lensa

Bagian luar alias bodi lensa juga butuh dibersihkan
Trik membersihkan bagian luar kamera via crutchfieldonline.com

Jujur saja, gaes, kamu pasti jarang banget membersihkan bodi lensa kamera kamu. Padahal, caranya gampang, lho. Kamu cukup menggunakan kain microfiber untuk menghilangkan debu dan kotoran. Kalau ada bagian yang cukup sulit dijangkau kain, gunakan saja sikat gigi. Tentu, pilih sikat gigi yang bulunya halus, lho. Kamu gak butuh cairan pembersih, kok, untuk merawat bodi lensa. Ingat, ya. Meski banyak lensa mengklaim dirinya tahan air atau tahan di segala cuaca, sebenarnya tidak ada lensa yang sepenuhnya mampu terlindungi dari air. So, jangan pernah menggunakan cairan untuk menjaga kebersihan lensa kamu.

Cara membersihkan lensa kontak

Bagian lensa kontak harus digarap dengan hati-hati, bro
Trik bersihkan lensa kontak via static1.squarespace.com

Hati-hati saat berurusan dengan bagian yang satu ini, gaes, soalnya sensitive banget. Baru-baru ini lensa keluaran terbaru punya bagian lensa kontak elektronik yang menggerakkan focusing motor, pemroses image stabilization dan membantu transfer informasi tentang gambar dan lensa ke bodi kamera. Meski begitu, kamu tak usah khawatir, bro. Kamu bisa menggunakan karet penghapus begitu kamu sering mengalami masalah koneksi antara lensa dan kamera. Pastikan karet penghapus kamu dibuat dari bahan yang halus sehingga tidak merusak permukaan lensa kontak.

Serahkan pada ahlinya

Bingung? Pergi saja ke service center lensa kamera kamu, gaes
Serahkan pada ahlinya bila tak bisa bersihkan sendiri kameramu via ytimg.com

Nah, ini solusi terakhir buat kamu yang peduli tapi sedikit parno dengan cara membersihkan lensa kamera. Gak usah ragu, gaes, serahkan saja pembersihan lensa kamera kamu pada pakarnya. Hanya saja, ini berarti kamu keluar ongkos lebih untuk hal yang sebenarnya bisa kamu jalani sendiri. Kamu bisa membersihkan kamera kamu ke service center kamera kamu.

Ada juga kok, penjual kamera yang menyediakan jasa ini. Sebaiknya kamu tunggu saja. Jangan ditinggal. Maklum, lensa kamera mahal banget, bro. Jangan sampai lensa kamu ditukar dengan barang serupa tapi kualitas hancur lebur. Ingat, oknum pelaku kejahatan bisa muncul kalau ada kesempatan.****

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hindari 3 Bahasa Tubuh Ini Saat Interview Kerja

Gak nyangka! Selain Teh dan Kopi, 4 Makanan Ini Juga Mengandung Kafein