in

Kunci Immobilizer Memang Aman, Tapi Bagaimana Jika Hilang?

Teknologi Immobilizer yang disematkan pada mobil-mobil keluaran terbaru beberapa tahun terakhir ini memang menjadi solusi terbaik untuk menghindari pencurian mobil. Biasanya pencuri mobil menggunakan kunci imitasi atau merusak lubang kunci untuk menghidupkan mesin dan membawanya kabur.

Tapi dengan kunci mobil immobilizer ini terbilang cukup canggih karena mobil nggak bakal bisa dihidupkan selain dari kunci yang telah ditetapkan. Kunci immobilizer dirancang dengan sistem enkripsi elektronik yang sama sekali berbeda dengan kunci mobil konvensional pada umumnya. Sinyal yang dikirim akan diacak dan hanya bisa diterima oleh kunci pasangannya. Apalagi sistem ini langsung menyatu dengan sistem ECU mobil sehingga tingkat keamananya terbilang akan mempengaruhi kondisi mobil.

Immobilizer via Internet.

Tapi dengan kecanggihan tersebut pastinya para konsumen akan mendapatkan masalah sendiri ketika kunci immobilzer ini hilang. Jika menggunakan kunci biasa, pasti sudah beres ditangani tukang duplikat mobil atau mencari kembarannya di toko atau bengkel. Sedangkan immobilizer nggak punya kembaran dan cuma ada satu yang cocok dengan lubang kunci di dalam mobil.

Bagaimana jika immobilizer hilang? via Internet.

Memang nggak ada yang bisa dilakukan ketika kunci immobilizer ini hilang. Meskipun kita adalah pemilik resminya dan pihak dealer memang nggak punya kunci cadangannya. Jalan terakhir adalah mengganti lubang kunci dengan yang baru bersama dengan kunci immobilizer yang cocok dengannya. Bisa dibilang mengganti satu set kunci dan lubang kunci dengan membongkar badan mesin dan sistem ECU mobil. Harganya pun terbilang nggak murah lho. Kamu bisa langsung datang ke dealer resmi mobil lalu meminta penggantian kunci immobilizer satu set dengan sebelumnya melengkapi persyaratan yang menandakan bahwa kamu adalah pemilik sah mobil tersebut.

Immobilizer dan receptornya via Internet.

Memang terkesan ribet dibandingkan dengan kunci biasa, tapi keamanan yang terjamin menjadi bukti bahwa kunci immobilizer nggak bisa dibobol sembarang orang bahkan oleh pemiliknya sendiri. Tapi ya itu tadi, harga untuk satu set kunci immobilizer memang nggak murah. Jadi jangan heran kalo ada mobil yang harganya lebih mahal karena ada fitur immobilizer ini karena memang kualitas harus dihargai. [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Cerita Kerajaan Gowa, Sewaktu Raja ke-37 Mangkat

Berjalan Bersama Awan di Lappa Laona, Kabupaten Barru