in

Kiamat Pasti Akan Datang, Tapi 6,5 Miliar Tahun Lagi, Benarkah?

Planet bumi dilihat dari luar angksa. Via tribunnews.com

CakapCakap – Setiap agama telah menceritakan tentang akhir dari kehidupan di bumi yang disebut sebagai hari kiamat. Cakap People sendiri pun pastinya sudah pernah pula mendengar cerita tentang kiamat, bahkan mungkin sejak dari kecil. Berbagai pertanyaan pun kemudian muncul, kapankah hari kiamat itu akan datang? Hingga saat ini memang tidak ada satu pun orang yang bisa menyebutnya dengan tepat, meski semua orang meyakini bahwa peristiwa kiamat itu suatu saat nanti akan terjadi.

Planet bumi dilihat dari luar angksa. Via tribunnews.com

Namun, para ilmuwan telah memperkirakan bahwa hari kiamat akan terjadi kira-kira 6,5 miliar tahun lagi, seperti dilaporkan laman Kompas.com baru-baru ini. Perkiraan ini berdasarkan laporan tentang masa depan matahari, yang walaupun bumi mungkin tidak akan hancur sama sekali setelah matahari meledak, sisa yang tinggal hanya akan berupa batu karang besar kering dan beku tanpa kehidupan. Dengan memperhitungkan komposisi saat ini dan tingkat evolusi, diperkirakan matahari akan habis terbakar dalam serentetan ledakan gas helium yang menghancurkan kira-kira 40 persen bobotnya.

Dalam perhitungan itu, bumi masih punya waktu kira-kira 6,5 miliar tahun lagi, sebelum nantinya kehidupan di bumi tak bisa lagi dipertahankan. Pada waktu itu, matahari akan mulai membengkak sampai akhirnya menjadi benda angkasa yang besarnya 200 kali dari sekarang. Nantinya, matahari akan memancarkan panas yang sangat tinggi. Suhu yang tinggi itu akan menguapkan semua air di laut, sungai, dan danau. Akibatnya, suhu tinggi itu membunuh segala bentuk kehidupan di bumi.

Banyak orang yang memprediksi tentang waktu datangnya hari kiamat. Via jabarnews.com

Sebelumnya, tanggal 21 Desember 2012 pernah diramalkan sebagai hari di mana terjadinya kiamat, seperti dikutip dari laman Liputan6.com. Namun, ternyata dunia belum berakhir pada saat itu. Meski begitu, ramalan akhir zaman yang meleset tak menghentikan orang-orang untuk membuat prediksi. Pada tahun 1973 silam, salah seorang cenayang abad ke-20 bernama Jeane Dixon juga pernah pula menerbitkan buku yang dipercaya berisi ramalan kiamat berjudul ‘The Call to Glory.’ Dalam buku itu dikisahkan tentang seorang peramal Katolik yang mengaku akhir dunia akan mulai pada tahun 2020.

Selain itu, masih ada banyak lagi ramalan soal waktu hari kiamat. Bagaimana menurut Cakap People?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! Panel Surya Buatan Cina Bisa Ubah Air Hujan Jadi Listrik

Instagram Kembangkan Fitur Stories Khusus untuk Pelajar, Seperti Apa?