in ,

Khusus Motor, Ini Dia Airbag Unik Bagi Pengendara Roda Dua

CakapCakap – Cakap People tentu tidak asing dengan istilah airbag. Kantong udara atau airbag biasanya menjadi salah satu perlengkapan untuk keselamatan pada jenis kendaraan roda empat. Penggunaan airbag sendiri mampu meningkatkan persentase keselamatan dari para pengendara di dalam mobil. Ketika terjadi kecelakaan, airbag akan mengembang dan melindungi bagian kepala leher dan dada.

Lantas bagaimana jadinya jika airbag dijadikan sebagai pengaman dalam kendaraan bermotor? Pengguna kendaraan bermotor sendiri sangat banyak di Indonesia melebihi pengguna kendaraan roda empat. Dan dibandingkan dengan jenis kendaraan lainnya, sepeda motor memiliki angka kecelakaan paling tinggi dalam data berlalu lintas.

Ilustrasi naik kendaraan roda dua via Naikmotor.com

Sebenarnya, telah beberapa kali perusahaan aksesori motor mencoba untuk menanamkan airbag pada pakaian pengendara motor. Sayangnya, hingga kini airbag tersebut dirasa masih kurang berhasil. Salah satu faktor yang menyebabkan ketidakberhasilan penggunaan airbag ini adalah masalah kenyamanan. Alhasil, produksi dari airbag ini dihentikan.

Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan yang bergerak di bidang keselamatan berkendara baru-baru ini memperlihatkan ide mereka mengenai airbag bagi pengguna sepeda motor. Konsep yang diberi nama Air bag for bike ini terinspirasi dari kursi pelontar yang biasanya terdapat di pesawat tempur.

Gambaran airbag for bike via Kupasmotor.wordpress.com

Airbag tersebut akan tersimpan di dalam jok sepeda motor, sehingga penggunaannya tidak akan mengurangi rasa nyaman si pengendara. Uniknya lagi, konsep ini juga menyiapkan perlindungan yang menyeluruh mulai dari kepala hingga kaki. Jika dilihat sepintas, wujudnya adalah seperti kepompong.

Airbag ini akan menggunakan sistem kerja berupa sensor giroskop sebagai penghitung daya benturan. Jika diperlukan, sistem tersebut akan membungkus pengendara motor dengan kantong udara. Meski demikian, hingga saat ini belum ada keterangan secara pasti mengenai jadwal peluncuran dari sistem airbag ini.

Namun melihat konsepnya yang telah tersebar luas di berbagai media, agaknya tidak membutuhkan waktu lama untuk menantikan air bag for bike satu ini. Jika berhasil, keberadaan air bag for bike tentu mampu meningkatkan angka keselamatan dalam berkendara terutama untuk pengguna sepeda motor.

Meski mampu menambah tingkat keselamatan dalam berlalu lintas, namun tetap saja pengendara sepeda motor harus tetap menaati peraturan berlalu lintas dan berkendara dengan hati-hati agar selamat sampai tujuan. Setuju bukan, Cakap People?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Bikin Mual, Viral Video Karyawan Resto Sengaja Ambil Ikan dari Bak Sampah!

Keren Parah! Hotel Book and Bed Bisa Jadi Pilihan Seru Menginap Buat Si Kutu Buku