in ,

Kesepian Lebih Berbahaya Dibanding Obesitas? Ini Penjelasannya Menurut Sains!

CakapCakap – Kehidupan ini memang sangat sulit diartikan Cakap People. Sehingga untuk menjalani hari-hari ini kita memerlukan teman. Sebab, jika tidak bagaimana hidup ini dapat terasa berwarna dan asyik untuk dilalui? Kesepian bukanlah masa yang baik untuk dilewatkan. Apa kamu tahan jika harus terlalu lama dirundung oleh rasa sepi?

Bahkan, penelitian pun menguatkan fakta bila manusia merupakan makhluk sosial yang tak dapat hidup sendirian. Para ahli menyebutkan jika kesepian memiliki dampak bagi kesehatan seseorang. Peneliti AS yang menganalisa 218 penelitian pun merumuskan bahwa ada kesimpulan mengejutkan. Berupa isolasi sosial dapat meningkatkan potensi kematian seseorang bahkan sampai 50 persen jika dibandingkan dengan obesitas.

Merasa kesepian via Intisari.grid.id

Mengapa bisa efek kesepian bagi manusia terbilang sangat mematikan? Sebab, manusia merupakan makhluk sosial, kembali lagi pada konsep tersebut. Kebutuhan dasarnya pun dengan terhubung bersama manusia lain. Sosialisasi itu seolah  merupakan kebutuhan pokok dari manusia. Ada penelitian yang dilakukan pada seorang bayi. Di mana bayi tersebut sengaja di isolasi, sehingga hubungannya dengan manusia dapat dikatakan dibatasi. Lantas, apa yang terjadi? Bayi tersebut ternyata gagal untuk berkembang dengan baik. Bahkan kecenderungan untuk mati pun ada.

Selain itu, ada juga penelitian lain yang lebih memperkuat. Kali ini penelitian berikut melibatkan lansia. Sebanyak tiga orang lanjut usia diberikan pertanyaan perihal kesepian. Lantas, hasil yang diperoleh pun menunjukkan bila sebuah depresi dengan kategori ringan saja bisa memberikan efek sama. Bahkan, efek yang dihasilkan terbilang kuat terhadap meningkatkan risiko penurunan kognitif.

Bisa berujung pada depresi via Rona.metrotvnews.com

Seorang dokter juga menyebutkan bila gejala depresi yang jauh lebih besar bisa berdampak pada kinerja kognitif. Alhasil hal tersebut dapat bermuara ke arah penyakit demensia. Hingga akhirnya isolasi, depresi dan kesepian akan berujung pada masalah yang sifatnya global. Oleh karena itu, manusia perlu meningkatkan kesadaran jika sebenarnya ada masalah besar yang mengincar dibalik rasa kesepian.

Pada dasarnya, Cakap People merupakan sosok yang tak bisa jika harus hidup sendiri. Sebab, kita merupakan manusia yang butuh bersosialisasi dan memerlukan makhluk lain guna dapat bertahan hidup. Baik teman, keluarga, atau pasangan kita sangat membutuhkan mereka guna melanjutkan kehidupan ini.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Pilates, Olahraga Pilihan Kaum Ibu Muda, Ini Manfaatnya!

Berminat Cari Jodoh di 7 Negara Berikut? Sebaiknya Hindari!