in ,

Keren! VW Gandeng Microsoft Kembangkan Teknologi Layanan Data di Mobil Masa Depan

CakapCakap – Berbagai inovasi dengan dukungan teknologi paling canggih terus dikembangkan oleh sejumlah pabrikan otomotif raksasa dunia untuk menghadirkan mobil masa depan. Cakap People para pecinta dunia otomotif dan teknologi pastinya juga mengikuti perkembangan soal konsep mobil masa depan tersebut. Nah, inovasi terbaru dilakukan oleh pabrikan asal Jerman, Volkswagen (VW) yang menggandeng perusahaan raksasa komputasi, Microsoft untuk menciptakan teknologi baru.

VW sedang menyiapkan teknologi cloud computing untuk mobil masa depan VW ID bekerja sama dengan Microsoft. Via antaranews.com

VW baru saja mengumumkan kerja sama dengan Microsoft, di mana melalui kolaborasi ini mereka akan menggarap komputasi awan (cloud computing) yang akan diterapkan pada mobil masa depan VW ID, seperti dilaporkan oleh laman iNews.id. Nantinya Microsoft sendiri akan mengerjakan proyek layanan tersebut di Cina dan Amerika Serikat (AS), untuk menyediakan layanan kendaraan yang bisa terhubung di seluruh dunia, sehingga mampu meningkatkan pengalaman berkendara secara digital.

Teknologi bernama Automotive Cloud ini akan digunakan VW sebagai inti dari operasi layanan data pada mobil listrik VW ID yang akan diperkenalkan pada tahun 2020 mendatang. Jika kemitraan ini berhasil, VW pun akan bisa menawarkan sejumlah teknologi kepada pelanggannya, seperti layanan streaming, layanan bantuan mencari lokasi parkir hingga stasiun pengisian daya listrik. Dua tahun lalu, BMW juga menggaet Microsoft untuk menyediakan layanan Skype di mobil. Sementara Jaguar Land Rover pernah pula memakai perangkat lunak BlackBerry sebagai fitur hiburan dan keamanan.

BMW juga pernah bekerja sama dengan Microsoft untuk menyediakan layanan Skype di mobil. Via enciety.co

Jauh sebelumnya pada tahun 2011 silam, Toyota dan Microsoft juga pernah menyepakati kerja sama strategis dengan membentuk perusahaan joint venture Toyota Media Service Co yang akan memulai proyek pengembangan aplikasi telematika untuk mobil berbasis platform cloud computing Windows Azure, seperti dimuat dalam laman Kompas.com. Dengan investasi 1 miliar yen (saat itu sekitar Rp 100 miliar) dari kedua perusahaan, proyek awal teknologi itu dipasang ke mobil listrik buatan Toyota.

Dengan teknologi tersebut, pengendara pun dapat memantau terus baterai di mobil secara real time sambil mendengarkan musik yang disiarkan lewat streaming atau mengakses informasi terkait mobil yang dikendarainya. Wah, rencana mobil masa depan ternyata benar-benar keren ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Cegah Pedofilia, Youtube Hapus Komentar Negatif di Video Anak

Tips Make Up untuk Pemilik Dahi Lebar!