in ,

Keren! Panel Surya Buatan Cina Bisa Ubah Air Hujan Jadi Listrik

Cina membuat inovasi agar panel surya tidak hanya bisa menghasilkan tenaga listrik dari sinar matahari, tetapi juga dari air hujan. Via suryacuriousity.wordpress.com

CakapCakap – Cina memang dikenal sebagai salah satu negara yang sangat fokus dan memberikan perhatian besar terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Makanya, seperti yang Cakap People ketahui juga, ada banyak penemuan-penemuan baru dan berbagai inovasi canggih yang berhasil mereka ciptakan sejauh ini. Bahkan, industri teknologi mereka pun berkembang sangat pesat saat ini, dengan mengeluarkan berbagai perangkat gadget yang tak kalah dari negara-negara lainnya.

Cina membuat inovasi agar panel surya tidak hanya bisa menghasilkan tenaga listrik dari sinar matahari, tetapi juga dari air hujan. Via suryacuriousity.wordpress.com

Salah satu inovasi terbaru yang berhasil diciptakan oleh Cina belum lama ini adalah panel surya yang mampu mengubah hujan menjadi listrik, seperti dilansir oleh laman Beritagar.id. Selama ini, orang menyadari bahwa secanggih-canggihnya panel listrik tenaga surya, tak akan ada gunanya saat hujan turun. Namun, para ilmuwan dari Soochow University di China telah berhasil mengubahnya berkat sel hibrida yang bisa menghasilkan energi, baik dari sinar matahari maupun dari tetesan air hujan.

Para ilmuwan itu merancang perangkat hibrida pada panel surya yang dapat menghasilkan energi solar saat keadaan cerah, dan energi mekanis dari tetesan air hujan saat musim hujan. Hal ini sendiri dimungkinkan dengan menggabungkan nanogenerator transparan ke sel surya silikon. Fungsi ganda ini dapat menghasilkan energi dengan konsistensi lebih besar dalam perubahan cuaca. Para ilmuwan di Cina pun ternyata bahkan sudah mengembangkan inovasi ini sejak beberapa tahun sebelumnya.

Para ilmuwan Cina sudah mengembangkan panel surya yang bisa mengubah air hujan menjadi tenaga listrik ini sejak tahun 2016. Via warstek.com

Seperti dilaporkan laman Techno.id pada tahun 2016, sekelompok peneliti asal Ocean University of China and Yunnan Normal University mengklaim telah berhasil mengembangkan sebuah sel surya yang dapat menghasilkan listrik tanpa matahari. Sel surya tersebut dapat beroperasi dengan baik saat musim hujan tiba. Kemampuan panel surya itu sendiri berasal dari bahan lapisan yang bernama graphene. Lapisan graphene inilah yang bisa menghasilkan listrik saat bertemu tetesan air hujan.

Ketika air hujan yang mengandung muatan ion positif jatuh ke permukaan panel surya dan bertemu dengan lapisan graphene, maka akan menghasilkan pseudocapacitor yang akan bisa menghasilkan tegangan atau arus listrik. Luar biasa hasil penemuan dari para ilmuwan Cina ini kan, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Rajin Berolahraga? Jangan Lupakan Nutrisi Penting untuk Tubuh

Kiamat Pasti Akan Datang, Tapi 6,5 Miliar Tahun Lagi, Benarkah?