in ,

Keren! Honda Vario Buatan Indonesia Jadi Sepeda Motor Paling Laris di Luar Negeri

CakapCakap – Tak banyak yang menyangka, mungkin juga termasuk Cakap People, ternyata pabrik-pabrik otomotif di Indonesia; meski milik perusahaan asing, namun juga mengirim ekspor ke luar negeri. Salah satu adalah PT Astra Honda Motor (AHM), perusahaan agen pemegang merek (APM) Honda, pabrikan otomotif terkenal dari Jepang. Bahkan Honda Vario yang diproduksi di dalam negeri tercatat sebagai sepeda motor paling laris di luar negeri, dengan angka ekspor yang terus meningkat.

Honda Vario buatan Indonesia jadi sepeda motor paling laris di luar negeri, dengan total pengiriman 11.616 unit pada Februari 2019. Via tribunnews.com

PT AHM mampu menorehkan pertumbuhan angka ekspor sepeda motor, di mana di bulan Februari 2019 tercatat sebanyak 54.750 unit yang telah dikirim ke berbagai negara, seperti dilaporkan oleh laman Okezone.com. Jumlah itu naik 42 persen dibanding bulan sama tahun sebelumnya yang hanya mencapai 38.679 unit. PT AHM sendiri mengirimkan dua model CBU dan CKD. Total pengiriman Honda Vario pun mencapai 11.616 unit, diikuti Honda BeAT series, Honda Sonic 150, Honda CRF150, dan Honda CBR150. Pengiriman ekspor CBU bulan lalu didominasi tujuan ke Bangladesh dan Filipina.

General Manager Overseas Business Division PT AHM Kurniawati Slamet pun mengatakan lonjakan pengiriman sepeda motor Honda merupakan bukti komitmen perusahaan mereka untuk mendukung upaya peningkatan ekspor pemerintah. “Pertumbuhan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menggarap pasar ekspor dengan produk-produk kompetitif karya anak bangsa. Kami pun berharap ini berkontribusi mempercepat pulihnya neraca perdagangan kita,” ucap Kurniawati pula.

Data AISI mencatat ekspor sepeda motor dari Indonesia pada 2018 mencapai 630.621 unit, di mana Yamaha jadi penyumbang terbanyak. Via ridertua.com

Sementara, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), ekspor sepeda motor dari Indonesia pada tahun 2018 mencapai 630.621 unit, naik sangat drastis dari ekspor tahun 2017 yang hanya tercatat 431.187 unit, seperti dimuat dalam laman Detik.com. Dari lima merek anggota AISI, Yamaha jadi penyumbang ekspor terbanyak mencapai 341.240 unit, atau menyumbang 54,1 persen ekspor motor dari Indonesia. Diikuti oleh Honda dengan pencapaian sebanyak 181.742 unit.

Kemudian, ada Suzuki yang mengekspor 52.629 unit, TVS 36.283 unit, dan Kawasaki 18.727 unit. Untuk Yamaha, sepeda motor yang diekspor didominasi Yamaha MX King, Yamaha Nmax, Yamaha Soul GT, dan Yamaha R25. Sedang Suzuki didominasi ekspor skuter matik (skutik) Suzuki Address. Ternyata Indonesia banyak mengekspor sepeda motor juga ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Deretan Camilan Sehat Ini Bikin Kenyang, Cocok Untuk Diet!

Ini Fashion Item yang Bisa Pria Gunakan Supaya Tampilan Lebih Berkarakter!