in ,

Keren! Bus Tanpa Sopir Akan Beroperasi di Beijing pada Tahun 2022

CakapCakap – Teknologi memang sudah semakin berkembang pesat dewasa ini. Berbagai inovasi telah lahir untuk semakin memudahkan pekerjaan manusia dalam berbagai bidang. Cakap People tentu juga sudah merasakan sejumlah inovasi dan perkembangan teknologi tersebut, terutama di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Nah, di luar negeri, tepatnya di Beijing, Cina, tidak lama lagi akan beroperasi sebuah bus otonom yang berkendara sendiri tanpa harus dikendalikan sopir.

Bus otonom tanpa sopir akan segera beroperasi di Beijing, Cina pada tahun 2022. Via cnnindonesia.com

Seperti dilaporkan oleh laman Tempo.co, operator bus di Beijing berencana untuk memperkenalkan sistem penggerak otonom (bus otonom) pada kendaraannya pada tahun 2022, ketika ibu kota Cina ini berusaha untuk membuat transportasi umum lebih pintar. Bus otonom ini dikembangkan Beijing Public Transport Corporation (BPTC) dan Mobileye milik Intel di Beijing yang bermitra membawa sistem peringatan keselamatan dan teknologi penggerak otonom ke layanan transportasi publik.

Pada awal tahun 2022, BPTC berencana untuk menguji coba bus otonom pertama di taman industri yang telah dilengkapi dengan rute jalan dan sistem berteknologi tinggi. “Rute, perhentian, dan jalur khusus yang ditetapkan menjadikan bus kandidat yang cocok menerapkan teknologi mengemudi otonom. Juga menjajaki kemungkinan mendirikan pusat R&D dengan Mobileye untuk mengemudi secara otonom di Cina,” kata Xu Zhengxiang, kepala departemen pengembangan strategis BPTC.

Raksasa teknologi asal China Baidu Inc telah memproduksi massal minibus otonom pertama bernama Apolong. Via notitarde.com

Sementara, raksasa teknologi asal China Baidu Inc mengumumkan telah mulai memproduksi massal minibus otonom pertama bernama Apolong di negara itu. Kendaraan tanpa sopir ini nanti digunakan di tempat-tempat wisata dan bandara. “Tahun 2018 menandai tahun pertama komersialisasi untuk kendaraan otonom. Dari produksi massal Apolong, kami bisa benar-benar melihat bahwa kendaraan otonom membuat langkah besar, mengambil industri dari nol menjadi satu,” kata CEO Baidu Robin Li dalam seremoni peluncuran minibus otonom tersebut, seperti dilaporkan laman CNNIndonesia.com.

Minibus Apolong dilengkapi 14 kursi berukuran sekitar sepertiga dari ukuran bus normal. Kendaraan tersebut tidak memiliki kemudi berikut kursi pengemudi. Minibus Apolong ini hasil kerja sama antara Baidu dan pabrikan bus Cina, King Lon. Mobil ‘pintar’ itu akan segera digunakan secara komersial di area tertutup, seperti kawasan wisata dan juga bandara di beberapa kota. Keren ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ini Dia! Kota Terbasah di Dunia karena Hujan Sepanjang Tahun

Ngeri! Kisah Segitiga yang Tak Kalah ‘Angker’ dari Segitiga Bermuda