in ,

Keren! Becak Online Bertenaga Surya Bakal Mulai Operasi di Jakarta

CakapCakap – Becak tradisional memang sudah sulit ditemukan di Jakarta, sejak adanya larangan operasional di sejumlah jalanan ibukota. Cakap People mungkin hanya bisa menemukan becak di kawasan-kawasan perkampungan di Jakarta. Nah, menariknya kini bakal hadir becak online sebagai penggantinya. Inovasi dari transportasi tradisional ini sepertinya ingin mengikuti kesuksesan ojek online. Namun, ada yang lebih menarik, karena becak online itu akan menggunakan tenaga surya.

Becak online bertenaga surya akan beroperasi di Jakarta. Via alinea.id

Dilansir oleh laman MediaIndonesia.com, becak listrik dengan tenaga surya itu diberi nama Be’ol Cepirit (Becak Online Cepat dan Irit). Menurut Koordinator Serikat Becak Jakarta (Sebaja) Rasdullah, becak-becak yang masih dalam tahap uji coba itu memang menggunakan tenaga surya dan nantinya dijadikan layanan becak daring. “Becak itu ada aliran listrik lewat tenaga surya. Alhasil, bukan seperti becak motor. Sementara untuk becak listrik itu akan ditempatkan langsung di tempat-tempat wisata nantinya. Nah, beberapa sedang tahap uji coba dulu,” ucap Rasdullah bercerita tentang becak listrik.

Saat ini, memang baru ada tiga dari 60 buah becak listrik yang telah tersedia di tempat, yang sedang diujicobakan. Becak listrik sendiri merupakan karya mahasiswa Universitas Indonesia berkoordinasi dengan Sebaja. Ciri khas becak listrik ini pun menggunakan roda belakang untuk melakukan belokan, beda dengan becak tradisional yang menggunakan roda depan untuk berbelok arah. Keberadaannya akaan menjadi solusi bagi transportasi becak yang sejauh ini sudah tidak diperbolehkan beroperasi.

Becak online ini disebut pula becak listrik, karena akan menggunakan tenaga surya dan bisa dipesan secara online. Via alinea.id

Nama Be’ol Cepirit sendiri mungkin terdengan dan terkesan jorok. Namun, Rasdullah mengaku tidak ada maksud lain dengan penamaan tersebut, karena hanya sebuah singkatan. “Salah satu singkatan kata, kami mau bikin apa? Bajaj sudah ada, jadi kami mikir berarti becak ada online ada irit, disingkat saja. Ya, namanya itu biar orang langsung cepat ingat saja, makanya dikasih nama Be’ol Cepirit. Lagi tahap uji coba dan bisa dipesan online,” jelas Rasdullah lagi seperti dilansir oleh laman JawaPos.com.

Namun, tidak sembarangan orang bisa mengemudikan becak ini. Pasalnya, becak seharga Rp 11 juta itu memang harus dikendarai oleh pengemudi yang memiliki keahlian membelokkan roda belakang becak. Tenaga surya yang diisi pada becak sampai daya penuh akan mampu maksimal menempuh jarak sekitar 8 kilometer. Ada Cakap People yang mau mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! Pengusaha Muda Ini Bisa Beli Rumah Mewah dari Jualan Baju Online

Duh! Sekolah di Australia Bakal Hapus Pelajaran Bahasa Indonesia