in

Keren! Aplikasi Fisika Berbasis Game Buatan Guru Indonesia

CakapCakap – Banyak pelajaran di sekolah tidak disukai oleh para pelajarnya. Cakap People mungkin masih ingat, apa saja pelajaran yang sangat membosankan waktu sekolah; matematika, fisika, kimia, sejarah, atau yang lainnya. Nah, jika kamu masih berpikir pelajaran fisika itu tidak seru dan membuat kepala pusing, mungkin mulai dari sekarang bisa mencoba aplikasi fisika yang satu ini. Lewat aplikasi ini, materi pelajaran fisika pun bisa kamu kuasa dengan mudah, dan terasa sangat menyenangkan.

Fendy Novafianto, guru SMK di Kendal, Jawa Tengah yang menciptakan aplikasi belajar fisika untuk para pelajar. Via viva.co.id

Menurut laman VIVA.co.id, aplikasi fisika tersebut bernama ‘Misteri Induksi Magnetik, yang dikemas dalam bentuk permainan. Aplikasi ini akan mempermudah kamu mempelajari materi fisika, karena diisi serangkaian game edukasi hingga latihan soal. Menariknya lagi, aplikasi ini pun dibuat oleh guru SMK Bhakti Nusantara di Kendal, Jawa Tengah, Fendy Novafianto. “Anak-anak sekarang sukanya nge-game. Jadi, melalui aplikasi ini para siswa dapat menemukan solusi saat belajar fisika,” cerita Fendy.

Aplikasi ini sendiri sebenarnya sederhana. Namun, kontennya memudahkan para pelajar menguasai rumus-rumus pelajaran fisika secara cepat. Sama seperti sebuah game, pelajar diajarkan mencari materi pelajaran fisika secara mandiri, namun tetap dalam sebuah permainan. Setiap materi akan muncul dalam soal, serta diberikan penjelasan dan simulasi berupa video. Aplikasi ini memang baru bisa digunakan secara terbatas, namun tidak menutup kemungkinan akan bisa diunduh siapa saja.

Tampilan aplikasi BSE saat diakses melalui komputer (PC). Via mahoni.com

Sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi smartphone yang bisa membantu dalam belajar bagi para pelajar sekolah. Salah satunya yang juga sangat direkomendasikan adalah aplikasi BSE (Buku Sekolah Elektronik), aplikasi mobile yang menyediakan buku digital gratis, menurut laman TechInAsia.com. Lewat aplikasi yang dibuat sejak Juli 2013 ini, pelajar bisa mengunduh ribuan e-book secara gratis. Program ini berawal dari pemerintah yang menyediakan buku pelajaran elektronik bagi para pelajar.

Aplikasi BSE juga menyediakan sejumlah fitur dukungan, seperti fitur membuat catatan penting pada buku yang sedang dibaca, serta kalkulator dan konverter yang bisa digunakan saat mempelajari ilmu pasti. Nah, Cakap People pun bisa mengunduhnya untuk Android, iOS, dan Windows (tablet dan PC).

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Duh! Gara-Gara Dukung Palestina, Mahasiswa AS Ditolak Masuk Israel

Wajib Tahu! Bos Baru Instagram Luncurkan Teknologi Anti Bully