in ,

Kenali Nyamuk Demam Berdarah dengan Ciri-ciri Berikut!

CakapCakap – Memasuki musim hujan seperti sekarang ini mulai banyak aneka jenis penyakit yang menyerang. Salah satu jenis penyakit yang sudah tak asing lagi ialah demam berdarah. Umumnya penyakit demam berdarah ditularkan melalui nyamuk Cakap People. Pasti kamu merasakan bukan jika memasuki musim hujan maka jumlah nyamuk seolah tambah banyak?

Hal ini dikarenakan nyamuk demam berdarah sangat suka dengan daerah yang tergenang air. Alhasil tempat tersebut ia jadikan sebagai tempat berkembang biak. Lantas, bagaimana cara membedakan nyamuk biasa dengan demam berdarah? Kamu bisa mengetahui ciri-ciri nyamuk demam berdarah di ulasan berikut ini!

1. Bentuk dan warna

Punya loreng putih di seluruh tubuh via 1health.id

Apa kamu pernah mengamati bentuk dan warna nyamuk? Jika kamu menemukan bentuk tubuh kecil dengan warna belang, yakni loreng putih pada seluruh tubuh maka dapat dipastikan jika itu adalah jenis nyamuk demam berdarah. Nyamuk berikut mempunyai kemampuan terbang hingga setinggi 100 meter loh! Daya jangkau penularannya pun terbilang jauh.

2. Jenis nyamuk DBD

Nyamuk aedes aegypti via Dream.co.id

Di negara kita, virus dengue ditularkan oleh nyamuk betina yakni Aedes aegypti untuk vektor utama serta Aedes albopictus untuk vektor sekunder. Jenis nyamuk DBD tersebut punya sifat anthropofilik yang mana lebih suka menghisap darah manusia. Selain itu mereka akan menghisap darah hingga kenyang atau disebut dengan sifat multiple feeding. Alhasil akan beberapa kali menghisap darah. Sifatnya yang multiple feeding ini akan membuat risiko penularan demam berdarah meningkat, apalagi pada area perumahan yang padat penduduk.

3. Tempat kembang biak

Genangan air jadi tempat kembang biak via Limawaktu.id

Guna menghalau menjamurnya nyamuk demam berdarah, maka kamu harus rajin membersihkan rumah supaya tak dijadikan tempat berkembang biak si nyamuk. Umumnya nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti akan berkembang biak di tempat penampungan air yang jernih. Tempat tersebut tak hanya ada di dalam rumah, melainkan wadah air di luar rumah pun juga bisa ia gunakan. Maka dari itu, periksa secara berkala ember, tempat minum burung, bak mandi, vas bunga hingga tempat sejenis.

4. Jam gigit

Waktu menggigit via Hellosehat.com

Siapa yang penasaran dengan waktu gigit nyamuk demam berdarah? Umumnya nyamuk berikut akan menggigit di pagi sampai sore hari. Tetapi ia akan sangat aktif saat 2 jam pasca matahari terbit serta menjelang matahari terbenam. Banyak orang yang tak sadar atau merasa digigit nyamuk demam berdarah. Sebab gigitan nyamuk ini tidak sakit. Biasanya ia akan menggigit di sekitar area siku hingga pergelangan kaki. Bahkan bisa pula menggigit dari belakang tubuh kamu loh!

Gigitan nyamuk demam berdarah memang cukup mengerikan dampaknya. Sebab Cakap People bisa tertular virus yang ia bawa. Maka dari itu, cegah nyamuk demam berdarah untuk menggigit dengan memakai lotion anti nyamuk, mengenakan baju, celana dan kaus kaki panjang hingga memasang kelambu di tempat tidur. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wajib Tahu! Pilates Bisa Cegah Lymphedema pada Penderita Kanker Payudara

Camilan Super Lezat Ala Korea Ini Bikin Lapar, Pernah Mencicipi?