in

Kartu MiscroSD Rusak? Tak Perlu Khawatir, Ini Cara Memulihkannya!

CakapCakap – MicroSD merupakan kartu penyimpanan eksternal yang sering digunakan untuk menyimpan media pada smartphone. Kartu penyimpanan berikut terbilang membantu bagi Cakap People yang memiliki memori internal smartphone berukuran kecil.Terdapat beberapa varian dari kartu microSD ini. Mulai dari 8GB hingga yang terbesar sampai 512GB.

Namun, microSD juga terbilang rentan terhadap kerusakan. Ia sering gagal dalam membaca dokumen maupun foto yang kamu simpan di dalamnya. Kegagalan tersebut disebut dengan damage. Alhasil, data yang disimpan di dalam kartu penyimpanan tersebut akan terkorupsi serta membuatnya jadi hilang. Jika hal tersebut menimpa kamu, maka ada 4 hal yang bisa dilakukan. Berikut cara-caranya!

1. Mengecek pakai PC

Hubungan smartphone pada PC via Rancahpost.com

Cek kondisi microSD menggunakan PC. Caranya, hubungkan telepon pintar pada PC ataupun laptop memakai kabel data. Kemudian, lihat apakah smartphone sudah terhubung dalam mode Mass Storage Mode (MSC), bukannya Media Transfer Mode (MTP). Kemudian, bukalah Windows Explorer dan klik kanan di menu drive kartu memori. Lantas, pilih Properties – Tools – Error Cheching. Lalu, tunggu sampai proses pengecekan tersebut usai.

2. Format menggunakan PC

Kartu SD tidak dapat terbaca via Medium.com

Apabila kartu SD bisa terbaca di PC namun tak dapat dibaca saat diletakkan pada smartphone, maka kamu haru melakukan format ulang microSD memakai PC. Terlebih dulu backup datadata yang ada di microSD dalam file baru. Upayakan menyimpan folder tersebut dalam hard disk. Jika semua data dan dokumen sudah tersimpan, maka lakukan format ulang kartu memori eksternal memakai PC. Pasca di format, kembalikan data-data pada folder backup tadi ke memori microSD tersebut.

3. Membersihkan kartu

Bersihkan pada bagian lempeng tembaga via Josbanget.com

Apabila kartu miscroSD tak bisa lagi digunakan, maka keluarkan untuk dibersihkan. Namun, sebelum mengeluarkan kartu, ada baiknya jika smartphone kamu matikan terlebih dulu. Baru kemudian keluarkan dan bersihkan bagian lempengan tembaga pada microSD. Pakai penghapus pensil warna putih guna membersihkannya. Kamu juga dapat memakai kain dengan bahan microfiber guna mengusap bagian lempengan tembaga tersebut.

4. Format microSD

Format dengan smartphone via Support.dlink.com

Jika beberapa cara di atas tak bisa membuat kartu microSD pulih, maka opsi terakhir ialah dengan melakukan format ulang. Pastikan jika kartu masih terbenam dalam smartphone. Kemudian, masuk ke menu Setting – Storage, pilih opsi lainnya dan klik format ulang.

Tak sulit bukan Cakap People? Cara tersebut bisa kamu lakukan jika kartu microSD tak dapat dibaca atau rusak. Jadi, tak perlu panik lagi apabila kartu penyimpanan eksternal mengalami kerusakan. Kamu bisa melakukan alternatif mudah di atas!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tunggu Regulasi Mobil Listrik, Inikah Produk Andalan Wuling?

Hati-Hati! Jangan Biarkan Mobil Hybrid Kehabisan Bensin