in

Kamu Pengguna GPS? Inilah Sosok Perempuan Dibalik Teknologi ini

CakapCakap – Pernahkah Cakap People membayangkan bagaimana jadinya jika tidak ada fasilitas peta atau petunjuk arah? Jika tidak ada navigasi, mungkin kita semua akan kesulitan dalam berbagai aktivitas sehari-hari, mulai menentukan arah perjalanan, hingga mencari lokasi seseorang atau tempat. Oleh sebab itu, diketahui bahwa hampir seluruh masyarakat Dunia pasti menggunakan fasilitas GPS atau Global Positioning System. Kamu juga pasti setuju, bukan?

Gladys West dan GPS Temuannya
https://www.lwn-mag.com/wp-content/uploads/2018/02/Gladys-West-la-math%C3%A9maticienne-sans-qui-le-GPS-n%E2%80%99existerait-pas-e1519857915555.jpg

Berkat GPS, kalian akan sangat mudah mengakses internet melalui handphone dan juga pastinya mengetahui posisi atau letak kalian saat ini. Dengan canggihnya teknologi ini, masyarakat dunia ternyata tidak banyak yang mengetahui siapa sosok dibalik GPS. Bahkan tidak banyak juga yang tahu tentang sejarah terbentuknya teknologi ini. Bagaimana ceritanya?

Ternyata GPS ditemukan oleh seorang perempuan, bernama Gladys West.  Ia bukanlah perempuan biasa, tetapi merupakan seorang pintar yang tergabung menjadi tokoh rahasia militer Amerika Serikat pada masa itu. Diketahui, West bekerja dengan sekelompok perempuan dalam bagian komputasi tim militer AS pada tahun 1960an. Tim perempuan yang hebat ini bahkan pernah diangkat dalam sebuah film berjudul Hidden Figure, termasuk keberadaan West dalam tim tersebut walaupun hanya muncul sangat singkat.

Gladys West ketika Mendapatkan Penghargaan dari Militer AS
https://www.nydailynews.com/resizer/xjMFWvgrTVY5tQg2vyMtwFkSSmA=/1200×0/www.trbimg.com/img-5c5be5d6/turbine/ny-1549526478-pjcg5igsa7-snap-image

West sudah mulai bergabung dalam tim militer AS sejak sebelum masuknya sistem gelombang elektronik. Ketika bekerja, West menunjukkan kiprah yang luar biasa, termasuk ketika mampu meneliti keteraturan gerak Pluto terhadap Neptunus. Selain itu, West juga mampu memberikan perhitungan geodetik Bumi yang akurat, yang kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya GPS.

Atas kontribusinya ini (GPS), West masuk dalam deretan orang berpengaruh dalam Angkatan Udara AS. Ia mendapatkan induksi di Air Force Space and Missile Pioneers Hall of Fame. Induksi ini merupakan penghargaan tinggi di Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) dan diselenggarakan di Markas Militer AS, Pentagon, Washington DC.

Berkat inovasi GPS yang ditemukan oleh West, dunia dipermudah dalam urusan navigasi. Beberapa keuntungan yang diperoleh melalui layanan GPS adalah infografis, lokasi obyek, pemantauan lokasi bencana alam atau gempa bumi, urusan navigasi militer, dan lainnya.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 Kebiasaan yang Dapat Membentuk Pribadi Jadi Lebih Berwibawa, Apa Saja?

Wah, Deretan Masalah Kesehatan Ini Bisa Diatasi dengan Olahraga loh! Apa Saja?