in ,

Kaca Mobil Berembun Saat Hujan? Ini Cara Mudah Mengatasinya!

CakapCakap – Kaca mobil merupakan salah satu bagian yang terpenting Cakap People. Sebab, berbekal kaca mobil maka seseorang dapat mengemudi dengan lancar lantaran dapat melihat jalan di depannya. Tetapi, mengemudi akan jadi kurang nyaman bahkan dapat terganggu apabila kaca mobil dipenuhi oleh embun. Umumnya orang akan menganggap ini sebagai suatu hal sepele. Padahal embun yang ada di kaca mobil cukup berpengaruh pada jarak pandang saat mengemudi.

Di kala hujan, maka temperatur yang ada di luar akan jauh lebih dingin. Sehingga, udara dalam mobil akan mengikuti tekanan udara dari luar ruang yang dingin. Bahkan, hembusan napas kamu saat di dalam mobil pun dapat menghasilkan banyak uap air yang kemudian berpadu dengan udara di kabin. Alhasil atmosfer di dalam kabin akan jadi lebih lembab dan bisa memicu embun pada kaca mobil. Jika sudah dihilangkan, maka embun pada kaca mobil akan kembali lagi, terlebih apabila orang di dalam kabin lebih dari satu. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Simak di sini yuk!

1. Pakai cairan anti kabut

Kaca mobil penuh embun saat hujan Carvaganza.com

Saat ini terdapat cairan anti kabut yang dapat kamu jumpai di toko-toko yang menjajakan perkakas mobil. Umumnya cairan ini dibuat dalam wujud semprotan. Sehingga dapat lebih mudah saat digunakan. Bahkan, penyimpanannya pun tak memerlukan banyak tempat. Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan ini pada kaca yang dipenuhi embun.  Kemudian tunggu beberapa waktu, baru lap pakai kain yang halus serta kering.

2. Sediakan shampo

Manfaatkan shampo via Pinkkorset.com

Ternyata, shampo dapat mengurangi kaca yang berembun lho! Caranya dengan mengoleskan shampo di titik kaca yang berembun. Lalu, lap menggunakan kain dengan menyisakan sedikit kelembaban. Lakukan gerakan tersebut secara searah supaya kaca tak buram. Hal ini bisa terjadi karena shampo memiliki zat kimia berkadar pH khusus guna mengeringkan adanya uap air. Tak percaya? Kamu bisa mencobanya!

3. Menurunkan kaca jendela mobil

Turunkan sedikit jendela mobil via Autos.id

Ketika kamu membuka kaca jendela mobil, maka udara dari luar akan masuk ke dalam. Hal ini dapat meminimalisir tempelan embun pada kaca. Tetapi jika di luar hujan turun sangat deras, maka kamu dapat membuka kaca jendela sedikit saja. Sedikit celah di jendela tersebut dapat membuat udara tertukar. Kemudian kamu dapat menggunakan bahan-bahan yang bisa menyerap air guna mengelap kaca berembun.

4. Nyalakan AC

Pakai AC untuk usir embun via Dapurpacu.id

Di kala udara luar sedang panas, maka AC dapat menjadikan suhu dalam kabin lebih dingin. Sehingga, saat kamu menyalakan AC ketika kaca sedang berembun maka dapat mengusir embun tersebut. Bahkan, hembusan napas bersuhu lembab juga dapat dijadikan lebih dingin. Apabila kamu ingin embun di kaca depan segera sirna, maka atur AC dalam suhu yang rendah.

Selain beberapa upaya meminimalisir embun pada kaca tersebut, Cakap People juga dapat melakukan tips pencegahan. Caranya dengan memakai silica atau produk serupa untuk diletakkan dalam kabin. Hal tersebut bisa membantu proses penyerapan air dalam kabin mobil. Sehingga kondisi di dalam kabin dapat jadi lebih kering. Kamu juga disarankan untuk meletakkan benda-benda bersifat air di bagasi belakang.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Manfaat Terapi Bekam dan Cara Lakukan Sendiri di Rumah, Coba yuk!

Duh! Gara-Gara Dukung Palestina, Mahasiswa AS Ditolak Masuk Israel