in ,

Kabar Gembira! Pemerintah Siapkan Beasiswa untuk 57 Juta Siswa Tahun Ini

CakapCakap – Pendidikan merupakan salah satu hal penting yang harus bisa didapatkan oleh setiap warga negara, termasuk di Indonesia. Namun, oleh karena kesulitan kehidupan dan beban hidup yang sangat besar, banyak anak-anak yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya. Cakap People pun bisa melihat ada banyak anak-anak sekolah yang malah bekerja di jam-jam sekolah. Oleh karena itu, pemerintah pun menyiapkan banyak beasiswa untuk membantu para siswa kurang mampu tersebut.

Sebanyak 57 juta siswa di Indonesia akan mendapatkan beasiswa pada tahun 2019. Via litbang.kemendagri.go.id

Setidaknya, tahun 2019 Pemerintah Indonesia telah menyiapkan anggaran beasiswa untuk puluhan juta siswa. “Belanja negara untuk bidang pendidikan pada tahun 2019 akan diarahkan memperkuat program BOS (Bantuan Operasional Sekolah) bagi 57 juta siswa,” ungkap Presiden Indonesia Joko Widodo beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari laman Suara.com. Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) dalam bidang pendidikan memang difokuskan terfokus pada pemberian beasiswa melalui BOS, karena bisa meningkatkan partisipasi anak-anak Indonesia untuk bersekolah.

Jokowi pun menjelaskan bahwa pemerintah telah memberikan bantuan pendidikan dan beasiswa bagi seluruh jenjang pendidikan di Indonesia. Pemerintah pun juga menjanjikan akan memberikan beasiswa kepada puluhan juta pelajar melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Selain itu, RAPBN 2019 juga akan memberikan ribuan fasilitas bagi ruang praktik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan membantu pelatihan bagi ribuan mahasiswa, serta tunjangan profesi bagi guru PNS dan non-PNS.

Beasiswa LPDP menyediakan program beasiswa S2 dan S3, baik di dalam maupun di luar negeri. Via unsri.ac.id

Tidak hanya itu saja, pemerintah juga telah menyiapkan banyak beasiswa bagi setiap warga negara yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, baik S1, S2 hingga S3. Seperti dikutip dari laman Blog.Galedu.com, setidaknya ada tiga jenis beasiswa yang paling populer dari Pemerintah Indonesia. Mulai Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang menyediakan program beasiswa S2 dan S3, baik di dalam maupun di luar negeri, termasuk juga beasiswa tesis dan disertasi.

Kemudian ada Beasiswa DIKTI termasuk pula Beasiswa Bidik Misi yang diperuntukkan bagi para calon mahasiswa S1 di seluruh Indonesia. Selain itu, ada Beasiswa Unggulan yang ditawarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, termasuk di antaranya adalah Beasiswa Masyarakat Berprestasi. Nah, Cakap People mau mencoba beasiswa yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Punya Bodi Seksi, Ternyata Ini Olahraga Rahasia Vanessa Angel!

Kasihan! Wanita Ini Hanya Menikmati 6 Hari Pernikahan Karena Kanker Langka