in ,

Kabar Gembira! Budayawan Bisa Dapat Tunjungan Rp 25 Juta Per Tahun

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy [kiri] menyiapkan anggaran khusus untuk tunjangan budayawan sebesar Rp 25 juta per tahun. Via kbr.id

CakapCakap – Meski Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang berbudaya di dunia, dengan banyak ragam budaya yang sangat menarik bagi negara-negara lain, namun ternyata hanya segelintir budayawan dalam negeri yang bisa menikmati hidup layak di hari tuanya. Cakap People sendiri pun mungkin tahu ada banyak budayawan Tanah Air yang telah berjasa besar dalam menjaga kelestarian budaya bangsa. Mereka pun tak hanya tampil di dalam negeri, tetapi juga berprestasi di luar negeri.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy [kiri] menyiapkan anggaran khusus untuk tunjangan budayawan sebesar Rp 25 juta per tahun. Via kbr.id

Melihat nasib banyak budayawan yang kurang beruntung di usia senja itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan kepedulian lembaganya. Dilansir laman Republika.co.id, Kamis (25/10/2018), kementerian tesrebut sudah mengalokasikan anggaran khusus bagi budayawan berprestasi. “Tahun ini mulai beri tunjangan hari tua para budayawan yang nasib kurang beruntung. Kami beri Rp 25 juta per tahun sampai meninggal,” ungkapnya belum lama ini.

Menurut Mekdibud, selama ini budayawan berprestasi kurang mendapat apresiasi dari pemerintah, sehingga tak sedikit dari mereka yang menjalani kondisi hidup tak layak ketika sudah tua. Makanya, dia pun berharap tunjangan budayawan dapat memberi penghidupan layak sesuai dedikasi mereka terhadap kemajuan budaya Indonesia. “Tunjangan ini untuk hargai dedikasi mereka,” tambahnya. Muhadjir pun berjanji kementeriannya akan berusaha mendata semua budayawan berprestasi itu.

Malam Anugerah Kebudayaan 2018 yang digelar pada 26 September 2018 sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan bagi para budayawan bangsa. Via liputan6.com

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri setiap tahun sejak tahun 2012 juga memberikan penghargaan bagi para budayawan berprestasi di Indonesia, dalam ajang Anugerah Kebudayaan, di mana pada tahun 2018 ini baru saja digelar tanggal 26 September 2018 lalu. Pada tahun 2018 ini, sebanyak 51 pegiat seni dan budaya menerima penghargaan tersebut. Di antaranya gelar dan tanda Kehormatan dari Presiden berupa Bintang Budaya Parama Dharma dan Satyalancana Kebudayaan.

“Pemberian ini rasa hormat pemerintah dan apresiasi pemerintah agar budayawan menularkan ke generasi muda. Semoga penghargaan ini menjadi kenangan bahwa ada kepedulian dari pemerintah terhadap para budayawan Tanah Air,” ungkap Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud Nadjamuddin Ramly dilansir Liputan6.com. Nah, ada Cakap People yang mau menjadi budayawan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Januari 2019, Mobil Esemka Siap Produksi Massal 15 Ribu Unit

Ingat! Nyalakan Lampu Sein 3 Detik Sebelum Belok Jika Ingin Selamat