in ,

Janger, Tarian yang Menangkan Festival Folklore di Amsterdam

CakapCakap – Cakap People!  Tarian khas Indonesia jumlahnya ratusan dan mempunyai keunikan masing-masing. Dari Sabang hingga Merauke, kita tidak menemukan corak tarian yang saling bertabrakan dan saling menjiplak. Keanekaragaman inilah yang harus dihargai, bahwa Indonesia ternyata punya jutaan keindahan. Tidak hanya sedap untuk dipandang, tarian asli Indonesia juga mampu bersaing loh di kancah Internasional.

Keindahan Tarian Janger asal Bali

Salah satu yang baru saja membanggakan Indonesia adalah Tari Janger khas Bali yang baru saja menjadi juara umum dalam kompetisi tari tingkat dunia. Kompetisi yang diikuti adalah Folklore Festival in Amsterdam 2019 yang diselenggarakan oleh European Association of Folklore Festvals (EAFF), pada 7 hingga 10 Maret 2019 di Podiumm Mozaiek, Amsterdam Belanda. Sementara itu, tim asal Indonesia yang mengikuti kompetisi ini adalah Tim Kesenian Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 28 Jakarta.

Hebatnya, keindahan tari Janger yang ditampilkan oleh Tim Indonesia ini berhasil mengalahkan 75 peserta dari 15 negara berbeda yang ikut berkompetisi. Negara-negara yang menjadi saingan berat Indonesia antara lain Malaysia, Jerman, Israel, Amerika Serikat, Perancis, Serbia, Bulgaria, Turki, dan beberapa lainnya.

Dalam penampilannya, Tim ini merasa sangat senang karena menjadi bagian dari misi budaya untuk mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia. Ketua Folklore SMAN 28, Dinda Mauritsa Dina Hag, menyampaikan kebanggaannya dengan menunjukkan piala, tropi, dan piagam yang dipersembahkan kepada bangsa Indonesia.

Para Penari Janger yang Memenagkan Festival Folklore di Amsterdam
https://d1yw9ca99y6xou.cloudfront.net/thumbnails/670_446_tari-janger-bali-kalahkan-israel-di-folklore-festival-2019-amsterdam_m_.jpg

Dengan kemenangan ini, Tim Kesenian SMAN 28 Jakarta berharap agar kedepannya ada banyak lagi orang muda Indonesia yang mampu berprestasi hingga ke kancah Dunia, terutama dengan mengenalkan kearifan dan kekayaan Indonesia. Indonesia diharapkan untuk terus berpartisipasi dalam misi budaya dan pertukaran wawasan kebudayaan dengan negara lain.

Lalu mengapa tarian Janger bisa memenangkan kompetisi tersebut? Jawabannya sederhana. Janger asal Bali ini mengandung pesan tentang pemuda pemudi yang bersemangat dan ceria untuk membangun bangsa.

Dalam lawatan budaya dan kompetisi Internasional ini, Tim Janger Indonesia diterima secara khusus oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Den Haag, dan mendapatkan jamuan makan bersama perwakilan kedutaan besar RI di Belanda.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Abadikan Kenangan Stephen Hawking pada Uang Koin Inggris, Begini Penampakannya

Mencium Aroma Bau Mobil Baru Bisa Membahayakan Kesehatan Kamu