in ,

Jangan Sembarangan! Modifikasi Mobil Ternyata Bisa Bikin Garansi Hangus

Melakukan modifikasi mobil juga harus teliti, karena bisa membuat hangus garansinya. Via tempo.co

CakapCakap – Banyak pemilik mobil yang punya hobi melakukan modifikasi terhadap kendaraan kesayangannya. Di antara Cakap People mungkin juga ada yang suka memodifikasi mobilnya. Ini biasanya dilakukan untuk menjadikan mobil tampak jauh lebih keren dan menarik, selain ada juga yang melakukannya untuk tujuan meningkatkan performa mobil dengan cara memodifikasi pada bagian mesin. Namun, melakukan modifikasi mobil ini pun ternyata juga tidak sembarangan lho!

Melakukan modifikasi mobil juga harus teliti, karena bisa membuat hangus garansinya. Via tempo.co

Seperti dimuat di laman Detik.com, modifikasi mobil yang terlalu ekstrem bisa saja menghanguskan garansi mobil dari pabrikan. Misalnya, pemilik mobil yang memodifikasi dengan merombak bagian elektronik yang tak dijamin pabrikan, maka garansi bisa hangus. Seperti BMW, jika mobil dipasang part yang bukan original dari BMW atau dipasang di luar diler resmi yang tidak direkomendasikan oleh BMW, maka garansi mobil bisa hangus. Konsumen pun tidak akan bisa melakukan klaim garansi.

“Misalnya ada kaitannya dengan safety, itu kita gak recomend. Kita gak mau ada risiko. Kalau ada klaim dan penyebabnya adalah modifikasi, itu ya bisa hangus warranty-nya,” ungkap Vice President Aftersales BMW Group Indonesia Ariefin Makaminan. Menurutnya, jika konsumen sudah mengutak-atik komponen yang berkaitan dengan hangusnya garansi, maka diler resmi BMW akan mengetahui meski konsumen sudah mencoba mengembalikan ke kondisi standar. Meski begitu, kalau garansi hangus, diler resmi BMW tetap bisa memperbaiki kerusakan, tetapi biayanya ditanggung konsumen.

Melakukan modifikasi pada sistem kelistrikan mobil dipastikan akan membuat garansi mobil hangus. Via kredithondasurabaya.com

Ditambahkan pula dari Asisten Manager Public Relation HPM, Julian Karfili juga di laman Detik.com, jenis modifikasi apapun yang berhubungan dengan sistem kelistrikan mobil sudah pasti membuat garansi hangus. “Banyak potensi soalnya kan, mobil banyak kelistrikan, dia juga ada bahan bakar dan lain-lain, kabel-kabel juga banyak sekali, modifikasi apapun ada potensi sebenarnya kalau dia tidak dikerjakan dengan benar,” ucap Julian di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dalam suatu acara.

“Kalau kita dari Honda ada warranty, ada syarat dan ketentuan dalam kondisi mobil standar semua, tergantung investigasi. Kalau memang sudah ada investigasi yang menyebabkan warranty hangus, ya memang tidak bisa ditanggung warranty,” katanya. Cakap People hati-hati melakukan modifikasi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

3 Cara Agar Kuota Internet Lebih Hemat, Wajib Coba!

Pasti Tak Menyangka! Deret Artis di Tanah Air Ini Ternyata Berdarah Korea