in ,

Jangan Salah! Pilih Aki Mobil Sesuai dengan Kegunaannya

CakapCakap – Saat ini ada beragam pilihan produk aku untuk kendaraan bermotor. Masing-masing memiliki perbedaan variasi, mulai dari spesifikasi, kapasitas, hingga harga beli. Cakap People yang memiliki mobil tentu perlu mengetahui setiap jenis aki, agar tidak salah dalam memilih aki mobil sesuai dengan kegunaannya. Mengenal jenis aki mobil yang beredar di pasaran ini memang penting sebelum menentukan jenis aki yang tepat untuk kendaraan yang digunakan dalam kegiatan harian.

Mengenal jenis aki mobil sangan penting untuk bisa memilih aki yang terbaik untuk kendaraan. Via accusos.com

Menurut mekanik bengkel Pit Stop di kawasan Jakarta Timur, Toha pada laman MediaIndonesia.com, secara umum masyarakat mengenal ada jenis aki basah dan aki kering. Padahal, sebenarnya semua aki itu sama-sama menggunakan air aki yang isinya cairan elektrolit (H2SO4), sehingga asumsi bahwa aki kering tidak menggunakan cairan adalah salah. “Yang disebut aki basah adalah kita bisa mengisi sendiri air akinya yang ada lubang pengisiannya,” ungkap Toha memberikan penjelasan terkait aki.

Disampaikannya, jenis aki basah membutuhkan perawatan rutin secara berkala, mulai dari volume air aki, kondisi cairan dalam wadah, dan pengecasan secara berkala. Sedang pada aki kering, cairan sudah langsung diisi oleh pabrik pembuatnya, sehingga tidak ada lubang pengisian seperti pada jenis aki basah. Aki kering ini biasanya disebut juga aki maitenance free (aki MF), karena memang bebas perawatan. Aki ini bisa langsung dipakai tanpa mengisi ulang, dan juga punya indikator pengecasan.

Dua jenis aki yang paling umum untuk kendaraan bermotor adalah aki kering [kiri] dan aki basah [kanan]. Via ahliaki.com

Dalam memilih aki mobil paling terbaik sendiri, menurut laman PanduanMontir.com, juga perlu pula untuk memperhatikan beberapa hal. Seperti jenis aki basah dan aki kering, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Aki kering punya performa dan kekuatan lebih bagus, tetapi tidak tahan panas dan harganya lebih mahal. Jangan lupa pula memastikan jenis aki yang dipilih sesuai dengan kapasitas dan tegangan standar pada mobil yang kamu gunakan, agar tak menyebabkan kerusakan.

Setiap produsen aki biasanya juga menawarkan garansi tertentu untuk setiap produk mereka, dan kamu perlu memastikan hal tersebut agar tak dirugikan kemudian hari. Selain itu, sebaiknya hindari untuk membeli aki bekas yang sudah direkondisi. Nah, kini Cakap People bisa memiliih aki terbaik!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Wajib Tahu! Yoga Ternyata Sangat Ampuh Membakar Lemak

Ini Sepeda Motor Keren yang Ditunggangi Tom Hardy di Film ‘Venom’