in ,

Jangan Salah! Inilah Kekuatan TNI, Salah Satu Militer Terkuat di Dunia

CakapCakap – Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan pasukan militer Tanah Air yang sudah ada zaman kemerdekaan, meski sempat mengalami beberapa kali pergantian nama. Cakap People tentu sudah banyak mendengar cerita kesuksesan pasukan TNI di medan perang, sejak zaman dulu hingga sekarang dalam berbagai latihan perang dengan beberapa negara sahabat. Nah, ternyata TNI memang termasuk salah satu militer terkuat di dunia, yang tentu membuat Indonesia jadi bangga.

TNI masuk dalam peringkat ke-15 militer terkuat di dunia, dan berada di posisi pertama untuk kawasan Asia Tenggara. Via arlojinesia.com

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Global Firepower pada pertengahan tahun 2018 lalu, yang meneliti 138 negara dengan militer terkuat di dunia, ternyata militer Indonesia berada di urutan ke-15, seperti dimuat dalam laman Merdeka.com. Kekuatan militer Indonesia saat ini diperkuat oleh sebanyak 975.750 personel militer yang aktif dan cadangan. Bahkan, hebatnya lagi, ternyata skor indeks kekuatan TNI merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara, dan berada pada posisi ke-8 di Asia.

Untuk memperkuat pengamanan, TNI punya ribuan kendaraan tempur. Seperti TNI AU dengan 478 pesawat terbang, serta TNI AD memiliki 418 tank tempur, 1.089 kendaraan tempur, 456 artileri, dan 153 peluncur roket. Kemudian, TNI AL memiliki 221 kapal perang, 3 kapal selam, 24 kapal perang korvet, 74 kapal patroli dan 12 kapal penyapu ranjau. Peran TNI dalam kancah internasional juga cukup harum. Para personel TNI ikut bergabung dalam pasukan perdamaian PBB, dan pernah dipuji. TNI juga aktif menjaga perdamaian dunia dengan mengirim personel ke Lebanon dan Afghanistan.

Tim Kopassus TNI AD meraih posisi ketiga di ajang Internasional Asiania Indoor Skydiving Championship 2018. Via detik.com

Beberapa waktu lalu, Tim Persatuan Terjung Payung Angkatan Darat (PTPAD) yang diwakili oleh tim Kopassus juga baru saja berhasil meraih posisi ketiga di ajang Internasional Asiania Indoor Skydiving Championship 2018, seperti dilaporkan oleh laman Detik.com. Perlombaan ini sendiri diikuti oleh 20 negara di seluruh dunia, yang digelar di Cina pada tanggal 18-22 September 2018 lalu. “Tim Kopassus berhasil memperoleh posisi ketiga dari dua kategori yang dilombakan yaitu, FS 2 Way dan FS 4 Way,” ungkap Kepala Penerangan Kopassus Letkol CZI Denden Sumarlin dalam keterangan tertulis saat itu.

Selain itu, masih ada banyak lagi prestasi yang pernah dicatatkan oleh TNI. Pantas saja masuk dalam salah satu militer terkuat di dunia ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mau Jadi Pramugari Maskapai Lokal? Cek Dulu Gajinya di Sini!

Inilah Alasan Startup Digital Indonesia Harus Bergabung di Indigo Telkom Indonesia