in ,

Jangan Salah! Begini Cara Tepat Melatih dan Membesarkan Otot Tubuh

CakapCakap – Banyak orang yang punya impian untuk memiliki tubuh besar dan berotot, terutama kaum pria. Mungkin sebagian Cakap People juga termasuk ingin mengencangkan otot-otot tubuh. Namun sayangnya, kebanyakan orang malah melakukan langkah-langkah yang keliru dalam upaya untuk membangun otot tubuh, atau juga mungkin terlalu memaksakan diri. Hal ini tentu saja malah akan memberikan hasil negatif. Bukannya otot tubuh semakin besar, tapi malah bisa menjadi sakit.

Banyak pria terobsesi memiliki tubuh besar dan berotot, namun terkadang melakukan latihan dengan cara yang salah. Via indosuara.com

Menurut ahli nutrisi olahraga Mury Kuswari, ada serangkaian latihan utama untuk membentuk otot jadi lebih kekar, dalam hal ini berkaitan dengan meningkatkan massa otot, seperti yang dilaporkan oleh laman Merdeka.com. “Yang pasti latihan angkat beban. Itu harus dilakukan dengan beban yang berat dan pengulangan melakukan latihan itu gak berat. Paling hanya 6-10 kali setiap kali latihan,” ungkap Mury menjelaskan. Latihan tersebut tentu saja juga harus dilakukan secara rutin dan teratur.

Mengenai frekuensi latihan angkat beban, Mury mengatakan hal ini berbeda setiap orang. Namun, alangkah baiknya tidak boleh dilakukan setiap hari. “Yang gak boleh dilakukan adalah latihan setiap hari. Karena tubuh perlu adaptasi. Dua hari sekali itu paling baik dilakukan,” lanjutnya. Mury juga mengingatkan bahwa bukan hanya latihan beban saja yang diperlukan dalam membentuk tubuh berotot. Latihan kardio juga diperlukan. “Tubuh tetap perlu juga latihan kardio,” pungkas Mury pula.

Latihan angkat beban bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan massa otot tubuh, namun harus dilakukan dengan cara yang benar. Via hellosehat.com

Hannah Davis CSCS, personal trainer sekaligus spesialis latihan kekuatan, mengingatkan pula bahwa latihan kekuatan otot dapat juga menjadi pilihan dengan tujuan untuk melatih kerja dan kekuatan otot tubuh melalui gerakan tubuh maupun alat olahraga, seperti dimuat di laman Tribunnews.com. Manfaatnya tak hanya sekadar untuk membentuk otot, tapi juga meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lebih banyak kalori, memperkuat tulang dan sendi, dan memperbaiki laju tekanan darah.

Hal paling penting yang perlu diperhatikan ketika ingin memulai latihan kekuatan otot adalah jangan lupa melakukan pemanasan terlebih dahulu. Tujuannya tentu saja demi menghindari cedera dan mengendurkan otot yang kaku, sehingga tidak kaget saat melakukan latihan. Caranya pun tidak sulit, hanya butuh sekitar lima sampai sepuluh menit yang dimulai dengan berbagai pilihan pemanasan. Nah, selamat mencoba melatih otot ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hati-Hati! Ini Risiko Melakukan Olahraga Ekstrem

Hidup Sederhana, Miliarder Cina Ini Hanya Habiskan Rp 5 Juta Per Bulan!