in ,

Jangan Panik Saat Mobil Terendam Banjir, Ini yang Harus Dilakukan!

CakapCakap – Ketika bepergian di kala musim penghujan seperti ini pasti ada saja hal-hal yang dikhawatirkan oleh para pengemudi. Terlebih jika dalam bepergian moda transportasi yang digunakan ialah mobil. Mungkin Cakap People akan merasa aman lantaran tak akan terkena air hujan. Tetapi dibalik itu semua ada masalah yang mengancam.

Tingginya curah hujan terkadang menjadikan beberapa jalanan terendam banjir. Jika sudah demikian maka mobil yang terendam banjir akan menyebabkan kerusakan pada beberapa komponen. Lantas,  bagaimana caranya menyisati mobil yang terendam banjir supaya tidak membuat komponennya rusak? Berikut trik cerdasnya!

1. Cek alternator

Periksa kondisi alternator mobil via Youtube.com

Apa itu alternator? Termasuk komponen yang wajib pula kamu cek di kala mobil kerap terendam air. Bagian ini akan terendam lebih dahulu dibanding komponen lain. Maka dari itu kamu dianjurkan guna menghilangkan sisa-sisa air yang berada dalam komponen berikut. Misalnya saja jenis mobil Avanza, biasanya alternatornya terdapat di bagian kap mesin. Nah, kamu dianjurkan guna menyemprot bagian tersebut memakai angin dengan tekanan tinggi ataupun kompresor guna menghilangkan sisa air yang ada di dalamnya.

2. Keadaan oli

Lihat oli via Autos.id

Oli merupakan komponen yang juga wajib dimasukkan dalam daftar bagian mobil untuk dicek saat terendam air. Sebab jika oli tercampur dengan air maka bisa membuat kemampuan pelumasan menurun. Selain itu, oli gardan dan transmisi juga wajib kamu cek!

3. Periksa bagian ECU

Jangan lupa cek keadaan ECU via News.okezone.com

Apabila komponen Electronik Control Unit atau ECU sudah terasa basah, maka akan lebih baik apabila kamu langsung minta bantuan dari mobil derek. Mengapa demikian? Sebab jika bagian tersebut sudah sampai basah dan terendam air maka akan muncul risiko konsleting. Parahnya ECU bisa terbakar. Tentu saja hal tersebut sangat berbahaya.

4. Hindari menyalakan mesin

Jangan nyalakan mesin via Automotive.uzone.id

Kebanyakan orang belum mengetahui hal berikut ini. Sehingga mereka cenderung menyalakan mesin saat mobil terendam banjir. Padahal, dengan melakukan tindakan berikut maka sisa air dalam mobil bisa menjadi pemicu kerusakan pada komponen kendaraan roda 4 tersebut. Beberapa kerusakan seperti konslet hingga oli tercemar bisa membuat mesin jadi macet. Jadi, kamu harus waspada ya!

Jadi sekarang kamu tak perlu bingung lagi dalam bertindak di kala mobil terendam oleh banjir. Langkah-langkah di atas bisa Cakap Poeple jalankan guna meminimalisir serta mencegah kerusakan yang mungkin terjadi pada komponen mobil saat terendam banjir. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Penting Bagi Kaum Pria! Pria Berjenggot Lebih Menarik Bagi Wanita

Bahaya Langsung Minum Pasca Makan! Ternyata Begini Penjelasannya