in ,

Jangan Lupa Makan Sebelum Olahraga! Ini Waktu dan Jenis Makanan Ideal

CakapCakap – Mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak kalah pentingnya dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Jika Cakap People suka berolahraga, dan bahkan melakukannya dengan ketat dan upaya keras, maka kebutuhan nutrisi bagi tubuh harus terpenuhi dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Oleh karena itu, memang jangan pernah lupa untuk makan sebelum olahraga. Selain itu, penting pula mengetahui dan mengonsumsi makanan yang ideal pada waktu yang tepat.

Memilih makanan dan waktu yang tepat sebelum olahraga ternyata sangat penting. Via kompas.com

Menurut laman Merdeka.com, jarak yang terlalu dekat dengan waktu olahraga bisa membuat perut terasa penuh dan menyebabkan mual. Sedangkan jarak yang terlalu jauh dapat pula membuat rasa lapar dan tidak bertenaga. Jarak waktu makan ini sangat menentukan performa saat berolahraga. Jarak yang paling tepat untuk berolahraga adalah dua hingga tiga jam setelah makan. Akan tetapi tetap ingat jangan makan terlalu banyak, yang dapat menimbulkan perasaan tak nyaman di perut.

Para ahli menyarankan sebaiknya mengonsumsi snack satu jam sebelum berolahraga. Hal ini untuk memastikan sistem pencernaan dan otot berfungsi secara tepat dan mendapat asupan darah yang cukup dan seimbang selama berolahraga. Pilihan dari makanan dan snack yang dipilih juga cukup krusial. Sebaiknya snack yang dikonsumsi merupakan kombinasi dari karbohidrat dan protein, serta memiliki kandungan di bawah 200 kalori. Selain itu, pastinya juga jangan lupa minum yang cukup.

Ahli menyarankan untuk makan sebelum olahraga agar perut tidak kosong. Via apki.or.id

Selama ini, banyak orang yang takut memakan sesuatu sebelum berolahraga, karena khawatir akan menyebabkan kram perut atau mengurangi efektivitas pembakaran lemak yang akan dilakukannya. Padahal, Cynthia Sass, seorang ahli diet yang sudah terdaftar, mengatakan bahwa melakukan latihan dengan perut kosong akan membuat tubuh membakar massa otot, bukan lemak, seperti dimuat di laman Kompas.com. Pembakaran jaringan otot tersebut sangat tidak baik bagi siapapun yang ingin menurunkan berat badan atau membentuk tubuh, selain metabolisme tubuh juga dapat terganggu.

Meski begitu Sass mengingatkan untuk selektif dalam memilih makanan sebelum berolahraga. Jika makan beberapa jam sebelum latihan, protein, lemak, dan serat bisa dikonsumsi. Tetapi jika waktu yang tersisa hanya sekitar satu jam, pilih semangkuk sereal atau buah saja. Ingat ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ingat! Olahraga 4 Jam Sebelumnya Jika Ingin Tidur Nyenyak di Malam Hari

Cegah Perut Kembung Saat Menstruasi dengan Melakukan 4 Hal Ini!