in ,

Jangan Buru-buru Dibuang! Kulit Mangga Ternyata Bisa Dimakan Karena Kaya Manfaat

CakapCakap – Cakap People salah satu penggemar buah mangga? Buah adalah produk alam yang menyehatkan. Salah satunya adalah buah mangga. Buah mangga menjadi favorit di meja makan. Bukan tanpa alasan, rasanya yang manis ketika sudah matang merupakan rasa yang diincar oleh banyak orang.

Selain itu, buah mangga juga kaya akan nutrisi yang membuatnya menjadi primadona di kalangan buah-buahan. Namun tahukah kamu jika ternyata kulit mangga juga sama berkhasiatnya dengan si daging buah?

Kulit mangga memiliki sifat antioksidan dan antikanker via Pixabay

Ada begitu banyak manfaat kulit mangga bagi kesehatan karena mengandung folifenol, serat, karotenoid, vitamin C sekaligus senyawa lainnya yang baik. Ragam kandungan tersebut mampu menghindarkanmu dari ragam penyakit mulai dari penurunan fungsi kognitif otak, penyakit jantung serta kanker jenis tertentu.

Uniknya lagi, ekstrak kulit mangga memiliki sifat antioksidan serta antikanker yang lebih kuat jika dibandingkan dengan daging buah ini.  Kulit buah mangga juga kaya akan triterpenoid dan triterpen yang bermanfaat sebagai antidiabetes serta anti kanker. Pada kulit mangga juga terdapat serat yang berguna dalam menjaga kesehatan pencernaan serta memberikan rasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan oleh kulit buah mangga, maka kamu boleh saja untuk mengonsumsinya. Namun perhatikan resiko yang bisa kamu dapatkan seperti menyebabkan reaksi alergi. Kulit mangga mengandung urushiol yang bisa menyebabkan gejala alergi pada mereka yang sensitif dengan zat ini.

Selain mengandung urushiol, kulit mangga juga ditakutkan mengandung residu pestisida. Terkadang hanya dicuci saja tidaklah cukup untuk menghilangkan residu pestisida tersebut.

Kulit mangga bisa dimakan bersamaan daging buahnya via Pixabay

Pestisida merupakan zat yang harus dihindari agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Pestisida yang berlebihan menjadi penyebab datangnya gangguan seperti resiko kanker tertentu, masakah reproduksi, gangguan sistem endoktrin dan lain sebagainya.

Namun jika kamu tetap ingin memakan kulit mangga, kamu bisa memakannya dengan cara memotong buahnya tanpa perlu dikupas kulitnya. Kamu juga bisa membuat smoothie bersamaan dengan kulitnya.

Ingat ya Cakap People, jangan lupa untuk mencucinya dahulu dengan air serta pembersih khusus buah dan sayuran. Langkah ini dilakukan dengan tujuan menghilangkan residu pestisida yang masih menempel di bagian kulit mangga tersebut. Bisa dicoba terapkan di rumah ya, Cakap People.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Membanggakan! Wanita Asal Indonesia Peroleh Penghargaan Ini di Finlandia

Super Kece! Ini Dia Deretan Jam Tangan Mewah Khusus Penyelam