in ,

Jadwal Sangat Padat? Tetap Bisa Lakukan Aktivitas Fisik dengan Cara Ini!

CakapCakap – Setiap orang pastinya ingin selalu bisa melakukan olahraga secara rutin dan teratur setiap hari, karena manfaatnya yang sangat banyak dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, memang tidak semua orang punya waktu luang untuk selalu berolahraga. Bahkan, Cakap People pun mungkin punya jadwal kegiatan sehari-hari yang sangat padat, sehingga membuat waktu berolahraga jadi tidak ada. Namun, ternyata tetap bisa melakukan aktivitas fisik di tengah kesibukan.

Biasakan melakukan aktivitas fisik seperti naik turun tangga di kantor jika tak punya waktu berolahraga. Via womantalk.com

Dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto menyebut bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan aktivitas fisik di tengah kesibukan. “Meski disibukkan dengan rutinitas sehari-hari, sesungguhnya aktivitas fisik dapat dilakukan dengan mudah di rumah, di tempat kerja, maupun di tempat umum,” ungkapnya di laman Merdeka.com. Misalnya, dengan memilih naik atau turun tangga saat menuju meja kerja, dibandingkan naik lift atau eskalator. Tak jarang juga beberapa kantor punya jadwal senam atau olahraga bersama yang bisa diikuti, minimal sekali dalam seminggu.

Satu hal yang perlu diperhatikan menurut Michael, pastikan setiap menjalankan aktivitas fisik itu dilakukan dengan prinsip BBTT, alias Baik, Benar, Terukur dan Teratur. Baik, maksudnya aktivitas fisik disesuaikan dengan kondisi fisik dan lingkungan. Benar yaitu aktivitas fisik dilakukan secara bertahap mulai dari pemanasan, latihan inti, dan pendinginan. Terukur yaitu aktivitas fisik dilakukan dengan mengukur intensitas dan waktu latihan. Teratur yaitu aktivitas fisik dilakukan 3-5 kali setiap minggu.

Melakukan pekerjaan rumah sendiri juga bisa menjadi pilihan aktivitas fisik bagi mereka yang sibuk. Via kompas.com

Selain itu, beberapa aktivitas fisik lainnya juga masih bisa dilakukan oleh mereka yang sangat sibuk, menurut Michael. Seperti dimuat dalam laman Suara.com, misalnya aktif bergerak di rumah dengan melakukan melakukan pekerjaan rumah sendiri, seperti berkebun atau membersihkan halaman, bermain bersama anak, dan mengasuh anak. Bisa pula aktif bergerak di perjalanan, misalnya dengan menggunakan sepeda ke kantor, dan berjalan kaki ke halte atau dari dan ke lokasi parkir kendaraan.

Kemudian, biasakan pula aktif bergerak di tempat umum, misalnya dengan tetap berjalan walaupun berada di atas eskalator, memanfaatkan taman kota untuk beraktivitas fisik, dan perbanyak bermain di ruang terbuka, seperti basket, bulu tangkis, atau bersepeda. Selamat mencoba ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

4 Manfaat Main Bola Voli Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui!

Punya Bodi Seksi, Ternyata Ini Olahraga Rahasia Vanessa Angel!