in ,

Jack Ma Resmi Pensiun dari Alibaba, Kamu Berminat untuk Gantikan?

CakapCakap – Kabar mengejutkan datang dari salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia, Alibaba di Cina. Pendiri dan pemilik perusahaan tersebut, Jack Ma akhirnya resmi pensiun setelah dia mengundurkan diri pada Senin, 10 September 2018. Sebenarnya, rencana pensiun itu sendiri sudah diungkapnya sejak beberapa waktu belakangan ini. Cakap People yang senang dengan topik-topik bisnis teknologi dan digital, pastinya juga sudah mendengar kabar soal rencana pensiun Jack Ma itu.

Keputusan pensiun itu akhirnya direalisasikan Jack Ma, dan disampaikannya melalui surat kepada para pemegang saham dan seluruh pelanggan Alibaba, seperti dilaporkan oleh Merdeka.com, Senin (10/9/2018). Dia pun berharap transisi ini akan membuat Alibaba naik satu tingkat lebih tinggi, dari sebelumnya merupakan perusahaan yang banyak bergantung pada berbagai individu, dan sekarang akan menjadi perusahaan yang dibangun dengan sistem pengelolaan perusahaan berstandar tinggi.

Jack Ma, pemilik perusahaan e-commerce terbesar di dunia, Alibaba resmi pensiun pada 10 September 2018 via Istimewa.

Meski begitu, Jack Ma memang mengaku tidak akan langsung serta-merta meninggalkan Alibaba. Dia sendiri mengatakan masih akan duduk di jajaran dewan direksi sampai tahun 2020 mendatang saat pertemuan tahunan para pemegang saham. Sedangkan, perhatiannya akan lebih besar dialihkan ke Alibaba Partnership, yang merupakan kelompok dari 36 pemimpin senior dan perusahaan afiliasinya. “Saya juga ingin kembali ke dunia pendidikan, dunia yang akan selalu memberikan saya kebahagiaan karena saya mencintai apa yang saya lakukan,” tulis Jack Ma dalam surat pemberitahuan tersebut.

Lalu, siapakah yang akan memimpin Alibaba selanjutnya? Dalam surat tersebut, selain menceritakan rencana masa depannya, Jack Ma mengungkap akan menyerahkan tongkat kepemimpinan Alibaba kepada Daniel Zhang, yang kini berstatus sebagai CEO perusahaan. “Menyerahkan obor Alibaba ke Daniel dan timnya merupakan keputusan yang tepat, karena saya tahu mereka sudah siap dan saya percaya penuh kepada kepemimpinan generasi selanjutnya,” jelas Jack Ma lagi dalam surat tersebut.

Pria 54 tahun itu pun menjelaskan proses perpindahan kepemimpinan ini akan berlangsung selama 12 bulan ke depan, dengan tujuan agar proses transisi yang akan terjadi bisa berjalan dengan lancar seperti yang direncanakan. Dengan begitu Daniel baru benar-benar memimpin Alibaba secara penuh pada 10 September 2019 nanti. Yah, Cakap People sudah tak bisa mendaftar jadi CEO Alibaba dong! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Alternatif Masa Depan! Kendaraan Motor Berbahan Bakar Sampah Plastik

Kesal Sepeda Motor Tiba-Tiba Mogok? Ini Penyebabnya!