in ,

Inilah Sisi Bahaya Mie Instan, Anak Kost Harus Tahu!

CakapCakapCakap People! Mie instan yang harganya relatif murah, lezat, praktis dan banyak digemari ini biasanya banyak menjadi menu andalan, apalagi disaat tanggal tua. Makanan ini juga biasanya sering dikonsumsi oleh anak kost.

Foto : Instagram @tukangjajanmalam

Meski dianggap murah, lezat dan praktis, mie instan tak lepas dari kontroversi mengenai bahayanya makanan ini bagi kesehatan tubuh kita. Seperti kasus yang pernah terjadi di Taiwan. Seorang mahasiswa tewas karena menderita kanker perut akibat mengonsumsi mie instan setiap hari.

Mengutip Dream, Kamis 21 Maret 2019, Direktur P2PTM Kemenkes RI, Cut Putri Arianie, baru-baru ini mengatakan bahwa tren hipertensi juga mulai meningkat di kalangan mahasiswa. Dikatakannya, ada penelitian di suatu universitas yang menunjukan, rata-rata anak kost mengonsumsi mie instan sebanyak 3 – 4 bungkus per harinya.

Foto : Pixabay

Seperti diketahui, mie instan mengandung garam yang cukup tinggi. Dalam satu bungkus, jumlahnya sudah hampir melebihi batas konsumsi Gula, Garam dan Lemak (GGL) per hari. Berlebihnya garam dapat memicu laju tekanan darah.

Inilah yang akan terjadi pada tubuh saat konsumsi mie instan

Hipertensi tidak hanya menyerang organ kardiovaskular seperti jantung dan pembuluh darah, tetapi juga ginjal. Tingginya tekanan darah dapat menurunkan fungsi ginjal tanpa kita sadari.

Masih mengutip Dream, Aida Lydia, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ginjal dan Hipertensi menjelaskan, dalam satu ginjal ada 1 juta unit nefron, yaitu serat-serat halus yang bekerja untuk menyaring darah. Tekanan darah tinggi dapat mengganggu fungsi nefron dan pembuluh darah ginjal sehingga proses filtrasi tidak optimal.

Hipertensi ini ditandai dengan tekanan darah yang mencapai 140/90 mmHg atau lebih. Jika dibiarkan, ginjal akan mengalami penurunan fungsi dan memicu Penyakit Ginjal Kronis (PGK) atau gagal ginjal.

PGK hanya dapat diatasi dengan terapi pengganti ginjal seperti cuci darah (hemodialisis) hingga transplantasi ginjal yang tentunya tidak murah.

Nah, Cakap People! Mie instan memang lezat dan praktis, tapi jangan lupa sisi bahayanya bagi kesehatanmu untuk jangka panjangnya ya. Coba deh ciptakan menu makanan sehat yang tentu saja tak menguras kantong kamu, terlebih saat tanggal tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ternyata Ini 3 Tim yang Berpeluang Mendapatkan Antoine Griezmann

Keren! “Aruna dan Lidahnya” Menangkan Prestasi di Osaka