in ,

Inilah 4 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui

CakapCakap – Ketika dalam masa menyusui, maka ibu wajib memenuhi nutrisi dalam tubuh. Sebab guna menghasilkan ASI, maka ibu memerlukan asupan kalori yang lebih. Terlebih jika ibu menyusui juga punya pekerjaan sebagai wanita karier atau pekerja kantoran. Maka kebutuhan akan kalori harus makin banyak Cakap People.

Kamu bisa mendapatkan asupan penting tersebut dari minuman serta makanan tertentu. Alhasil produksi ASI bisa meningkat dan bayi tak kekurangan nutrisi. Makanan berikut akan membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI serta menjaga ibu agar tetap sehat. Nah, apa saja makanan dan minuman tersebut? Ini dia!

1. Makanan berprotein

Daging tanpa lemak via Samishare.com

Ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan protein. Sebab makanan berprotein bisa membantu laktasi. Selain itu, nutrisi berikut juga akan berpindah dari ibu ke bayi guna mendukung pertumbuhannya. Ibu menyusui memerlukan setidaknya tambahan protein sebanyak 25 gram per hari. Hal tersebut untuk memastikan jika pasokan ASI seimbang. Kamu bisa mengonsumsi makanan kaya protein seperti telur, kacang-kacangan, ikan, daging yang tak berlemak hingga biji-bijian. Hindari jenis makanan yang punya kandungan merkuri tinggi, seperti ikan tuna bigeye, raja makarel, ikan todak, ikan marlin serta tilefish.

2. Oatmeal

Punya banyak pilihan rasa via Eatingbirdfood.co

Berikut adalah salah satu makanan yang kaya akan nutrisi baik, mulai dari zat besi, serat seng, hingga magnesium. Sehingga ibu menyusui sangat disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan berikut. Oatmeal adalah menu sehat yang mudah untuk disiapkan. Dengan pasokan zat besi yang cukup maka suplai susu akan meningkat. Jadi, jangan segan untuk mengonsumsi jenis makanan berikut ya!

3. Biji wijen

Manfaat biji wijen via Doktersehat.com

Wanita di negara Meksiko memilih untuk menyantap kue biji wijen guna mendukung suplai ASI. Biji wijen dipilih lantaran punya kandungan kalsium, yang dapat memberikan dampak secara langsung pada produksi ASI. Bagi ibu menyusui cadangan kalsium per hari yang dibutuhkan ialah 1.000 miligram. Dengan menyantap 3 sendok makan biji wijen maka bisa mencukupi 25% dari kebutuhan tersebut.

4. Jenis sayuran hijau

Cocok untuk memenuhi nutrisi harian via Go-dok.com

Bukan rahasia lagi jika sayuran hijau punya dampak yang sangat baik bagi tubuh. terlebih pada ibu menyusui. Pilihlah jenis sayuran yang punya daun hijau, sehingga proses laktasi dapat terdukung dengan baik. Jenis sayuran yang bisa kamu konsumsi setiap hari untuk ibu menyusui ialah selada air, bayam, peterseli dan kubis.

Itulah 4 makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui Cakap People. Apabila kebutuhan nutrisi tersebut tercukupi, maka tentunya produksi dan kualitas ASI akan meningkat. Kamu juga bisa menyantap buah-buahan sehat untuk memenuhi nutrisi penting yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Dada Sering Nyeri Saat Olahraga? Kenali Penyebabnya Berikut!

Ikuti Tips Ini Agar Terhindar Dari Krim Pemutih Berbahaya