in

Ini Dia! Kota Terbasah di Dunia karena Hujan Sepanjang Tahun

CakapCakap – Bogor di Jawa Barat dikenal sebagai satu-satunya Kota Hujan di Indonesia, karena keberadaannya yang terus menerus diguyur hujan meski di kota lain sedang tidak  turun hujan di musim tersebut. Apakah Cakap People ada yang berasal dari Bogor?

Fakta yang juga perlu kamu tahu adalah keberadaan planet kita ini, adalah satu-satunya planet yang bisa dituruni air (hujan) hingga ke permukaan.

Meskipun hujan terjadi di seluruh dunia, ternyata ada beberapa kawasan yang punya curah hujan paling tinggi loh. Bahkan, kawasan-kawasan ini bisa mendapatkan hujan terus menerus sepanjang tahun. Nah, di mana saja tempat-tempat tersebut?

1. Gunung Emei di Provinsi Sichuan, China

Gunung yang terletak di pedalaman ini dikenal sebagai titik sejuk dalam peta empat gunung suci bagi pemeluk agama Budha di Tiongkok. Di puncak gunung yang punya curah hujan rata-rata lebih dari 8.100 milimete ini, hujan turun hampir sepanjang tahun, yakni selama 255 hari.

2. Pu’u Kukui di Maui, Hawaii

Kawasan yang disebut sebagai Bukit Kemiri ini adalah puncak tertinggi Maui, negara bagian di Hawaii, Amerika Serikat. Puncak gunung ini terbentuk karena kaldera gunung berapi yang terkikis dan menjadi area lapang. Lembah yang dinamai Oao memiliki curah hujan mencapai 9.293 milimeter.

Kawasan Terbasah di Dunia punya Curah Hujan Tinggi
https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/bucketpw100/images/pw/media/24578GL1.jpg

3. Gunung Wai’ale’ale, Hawaii

Masih dari Hawaii, Amerika Serikat, gunung Wai’ale’ale ini adalah sebuah gunung berapi yang berbentuk perisan setinggi 1.569 meter diatas permukaan laut. Puncak gunung ini menjadi kawasan yang paling basah di dunia karena curah hujannya mencapai 17.300 milimeter.

4. Big Bog

Big Bog adalah sebuah lokasi tepian Taman Nasional Haleakala, yang juga masih berada di Hawaii, Amerika Serikat. Kawasan ini terletak di 1.645 meter diatas permukaan laut, dan memiliki pemandangan yang indah. Di titik ini, curah hujan cenderung konstan sekitar 10.272 milimeter, dan akan meningkat pada pertengahan tahun.

5Debundscha, Kamerun

Desa Debundscha yang terletak di kaki gunung Kamerun ini adalah salah satu puncak tertinggi di Afrika, yaitu 4.040 meter diatas permukaan laut. Bagian barat dayanya berhadapan dengan perairan Atlantik selatan, dan membuatnya memiliki iklim yang sangat basah.

6. Desa Ureka atau Ureca, Afrika

Desa Ureka atau Ureca ini terletak di Provinsi Bioko Sur, masih di kawasan pantai barat Afrika. Pulau yang merupakan bagian utara Republik Guinea Khatulistiwa ini dikenal sebagai tempat terbasah di Afrika, bahkan hujan bisa turun di musim kemarau sekalipun.

Kawasan Terbasah di Dunia ada di India
https://www.keluargakokoh.com/file/content/2017/09/170928105837_keluargakokoh.jpg

7Sungai Corp di Selandia Baru

Kawasan ini mengalami curah hujan yang tinggi, bahkan hujan turun hampir sepanjang hari. Kawasan ini juga dikenal sebagai kawasan yang mendapatkan jatah hujan terlama dalam abad terakhir.

8Kampung Tradisional Tutunendo

Tutunendo adalah kawasan perkampungan tradisinonal d Kolombia. Kawasan resort wisata ini memiliki curah hujan yang ekstrim, karena Pegunungan Andes di sisi timur memblokir angin barat. Posisinya yang ‘strategis’ membuat pusaran angin dan awan berpusat di kawasan tersebut, dan mengakibatkan hujan badai terus turun hampir di sepanjang tahun.

9. Meghalaya, India

Meghalaya adalah kawasan terbasah di dunia yang terletak di negara bagian India. Kawasan yang memiliki curah hujan tertinggi di bumi ini adalah distrik Bukit Khasi Timur. Menurut Guinness Book of World Records, kawasan ini menerima curah hujan tertinggi pada 1985, yakni 26.000 milimeter. Hingga saat ini, belum ada kawasan lain di bumi yang mampu mengalahkan rekor ini.

Nah, Cakap People! Dari kawasan-kawasan hujan tadi, yang mana favorit kamu?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Rekomendasi Lipstik Bernuansa Nude Cokelat dari Brand Lokal, Apa Saja?

Keren! Bus Tanpa Sopir Akan Beroperasi di Beijing pada Tahun 2022