in

Ini Dia Akibatnya Jika Izinkan Anak 6 Tahun Mengemudi!

Cakapcakap – Cakap People, ketika kita menjadi orang tua maka kita harus menjadi figur orang tua yang terbaik bagi anak. Sebab, orang tua dan keluarga merupakan sekolah pertama bagi si anak. Anak belajar segala hal dari orang tuanya. Kita pun hendaknya mengajarkan pada si kecil tentang hal-hal yang salah dan benar.

Selain itu, sebagai orang tua kita juga hendaknya mendidik anak patuh akan hukum yang berlaku. Seperti halnya peraturan dalam mengemudikan mobil. Di mana anak yang belum cukup usia tak diizinkan untuk mengemudi. Hal tersebut-lah yang dilakukan oleh pasangan suami-istri yang ada di Hubei, Tiongkok.

Belum lama ini, video viral tentang seorang anak yang berumur 6 tahun mengemudi di jalanan menjadi perbincangan banyak orang. Bahkan, para netizen mengecam aksi tersebut. Dalam video tersebut, terlihat sosok anak kecil yang ada di pangkuan ibunya. Ia tampak mengemudikan mobil di jalanan yang cukup sempit. Sementara ayahnya duduk di kursi sebagai penumpang. Sang ayah pun mengabadikan momen menyetir anaknya.

Ilustrasi anak di bawah umur mengemudi via Intisari.grid.id

Saat hendak melintasi jembatan yang rusak, bocah berusia 6 tahun tersebut mulai cemas dan meminta ayahnya untuk bergantian. Namun, bukannya ikut cemas dan menggantikan posisi si anak, ayahnya malah memberikan semangat pada anaknya. Melansir dari laman Dream, sang ayah menuturkan jika di jalan sempit tersebut anaknya dapat mengontrol jalannya kemudi. Bahkan sang ayah menyemangati anaknya jika nantinya akan bisa mengemudi di jalan tol. Ayahnya juga menambahkan jika bocah tersebut mengagumkan serta dapat mengemudi dari jalan ke jembatan tersebut.

Lantas, bagaimana nasib mereka selanjutnya? Sontak menanggapi video viral tersebut, polisi setempat kemudian tak tinggal diam. Pihak kepolisian akhirnya memanggil sepasang suami-istri tersebut. Baik ayah atau ibu dari anak berusia 6 tahun itu pun diperiksa. Diketahui sang ibu yang bernama Ge menuturkan jika kala itu anaknya rewel, sehingga mengizinkannya untuk duduk di pangkuan si ibu. Ge menuturkan jika sang anak hanya mengemudi 1 menit saja.

Setir mobil di jalanan via Oke-nya.bogspot.com

Ia dan suaminya akhirnya menyesalkan kejadian tersebut. Sebab, seharusnya ia tak mengizinkan putrinya mengemudi lantaran dapat berbahaya bagi keselamatannya dan orang lain. Keduanya menganggap jika itu adalah momentum yang lucu. Namun, realita itu membuat mereka dihujat oleh banyak orang. Alhasil pasangan ini diberikan hukuman berupa pembekuan SIM dan diberikan denda senilai 2 ribu yuan atau setara dengan Rp 4,23 juta.

Tentunya kisah Ge dan Yu ini jadi pembelajaran yang berarti bagi kita ya Cakap People? Di mana sebaiknya anak-anak yang belum cukup usia jangan dilatih untuk mengemudi terlebih dulu. Apalagi jika harus secara langsung diajak turun ke jalanan. Mengemudi memiliki batasan usia. Jadi, tak ada salahnya jika mematuhi peraturan demi keselamatan kita sendiri dan orang lain.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Jangan Dibuang, Kulit Bawang Ternyata Menyimpan Manfaat Rahasia!

Terpampang di Bungkus Rokok, Begini Penampakan Asli 3 Sosok Pria Sebagai Modelnya