in ,

Ini Cara Rawat Mobil yang Benar Saat Musim Hujan Tiba!

CakapCakap – Musim penghujan sudah semakin menyerbu Cakap People. Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikan beberapa hal di kala musim hujan tiba. Salah satunya ialah kondisi mobil. Bukan rahasia lagi jika air hujan merupakan suatu berkah. Sebab, tanpanya maka kekeringan bisa terjadi dan melanda di mana-mana. Namun, jika terlalu berlimpah juga akan menimbulkan beberapa masalah.

Salah satunya masalah tersebut akan menyerang mobil kamu. Jadi, jangan pernah menganggap remeh serangan air hujan. Masalah umum yang sering terjadi saat hujan turun terlalu sering ialah rusaknya bodi mobil. Nah, untuk mencegah permasalahan tersebut maka kamu bisa melakukan serangkaian tips berikut!

1. Pakai cat pelindung

Gunakan cat pelindung bodi mobil via Futuready.com

Saat ini, sudah tersedia cukup banyak produk cat yang dapat melindungi mobil. Maka dari itu, tak ada salahnya jika kamu menggunakan pelapis atau coating di area bodi mobil. Alhasil, cat dapat terlindungi, begitu pula dengan bodi mobil. Agenda membersihkan mobil pun jadi lebih mudah dengan upaya ini. Selain di area bodi, kamu juga dapat menerapkan coating di sekitar kolong mobil. Termasuk pula di area mesin beserta komponen di dalamnya. Beberapa salon mobil mempunyai cara perawatan dan cairan khusus untuk hal tersebut. Jadi, jangan segan membawa mobil ke salon untuk merawatnya.

2. Rutin bersihkan wiper

Jangan lupa membersihkan bagian wiper via Apritos.com

Bagian kaca depan atau windshield juga perlu kamu jaga. Hal ini dikarenakan sisa-sisa air hujan yang tak kunjung diatasi bisa mengakibatkan jamur di area kaca mobil. Kamu juga hendaknya memerhatikan bagian karet wiper agar lebih optimal dalam menyapu air yang ada di kaca. Bersihkan menggunakan lap kering serta alkohol untuk bagian karet wiper.

3. Jangan langsung dilap

Cuci mobil jika kotor pasca kehujanan via Otomotif.kompas.com

Saat mobil basah setelah terkena guyuran hujan, maka hindari untuk langsung membersihkannya memakai lap. Sebab, air hujan tersebut mempunyai kandungan garam serta kotoran halus. Sehingga, apabila langsung dilap maka akan memberikan risiko goresan pada cat bodi mobil. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menyiram mobil memakai air bersih terlebih dahulu. Kemudian keringkan. Apabila ada kotoran maka cuci memakai sampo khusus mobil.

4. Pastikan interior selalu kering

Jaga agar trim pintu senantiasa kering via Modifotto.blogspot.com

Saat dalam kondisi hujan kamu masuk ke dalam mobil, maka otomatis air hujan akan ikut serta masuk ke kabin. Alhasil, alas karpet juga jadi basah. Perlu kamu ketahui jika kondisi tersebut memicu udara lembab. Sehingga dapat berpotensi menyebabkan jamur tumbuh. Bahkan, parahnya bodi bawah dapat terpapar karat dan jadi keropos. Jadi, jangan ragu untuk memeriksa area bawah alas kaki ketika kamu mencuci atau membersihkan mobil. Untuk mengatasinya, kamu dapat membersikan alas kaki ekstra seperti koran bekas. Tak hanya alas kaki, sebab area trim pintu juga terbilang sering terkena air hujan. Jadi, lapisi menggunakan lapisan khusus untuk trim pintu.

5. Simpan mobil

Bungkus mobil pakai cover saat tidak dipakai via Otodriver.com

Kamu dianjurkan untuk menyimpan mobil dengan baik. Apabila mobil sedang tak dipakai, maka simpan di garasi yang atapnya tertutup. Hal ini akan membuat mobil terlindungi dari guyuran air hujan. Selain itu, gunakan cover mobil untuk menutupi seluruh bodinya.

Sudah paham Cakap People? Tentu upaya-upaya di atas cukup mudah untuk direalisasikan! Kamu memang harus menjaga mobil dengan ekstra supaya terhindar dari masalah karat atau yang lainnya akibat terlalu sering diguyur air hujan. Semoga bermanfaat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Gemar Sarapan Sup Hangat? Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan!

Penting! Pelajar Jadi Awal Gerakan Menangkal Hoax di Indonesia