in ,

Ini Alurnya! Pendaftaran CPNS Mulai 26 September 2018

CakapCakap – Formasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 akhirnya resmi diumumkan untuk 76 kementerian/lembaga dan 525 daerah, dan sudah bisa diakses secara keseluruhan melalui situs resmi SSCN pada Kamis (20/9/2018). Meski pengumuman rincian formasi sempat mengalami keterlambatan dari jadwal semula 16 September 2018, namun kini pelamar sudah bisa bersiap-siap melakukan pendaftaran mulai 26 September 2018. Nah, begini cara pendaftarannya, Cakap People!

Dilansir oleh MediaIndonesia.com yang mengutip dari laman resmi BKN.go.id, Kamis (20/9/2018), pendaftaran dilakukan melalui situs resmi SSCN, https://sscn.bkn.go.id. Adapun alurnya, dimulai dengan pelamar membuat akun pada situs tersebut melalui menu registrasi. Untuk pembuatan akun, maka pelamar harus mengisikan NIK, nomor KK atau NIK Kepala Keluarga, alamat email aktif, password, dan pernyataan keamanan, serta mengunggah pas foto minimal 120 kb maksimal 200 kb dengan format JPG atau JPEG, dan kemudian terakhir mencetak kartu informasi akun SSCN 2018.

Infografis alur pendaftaran CPNS 2018 dari KemenPAN-RB via Menpan.

Langkah selanjutnya, pelamar melakukan login ke portal SSCN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan, dan lalu mengunggah foto selfie dengan memegang KTP dan kartu informasi akun sebagai bukti pendaftaran. Kemudian, pelamar harus melengkapi biodata, memilih instansi, formasi dan jabatan sesuai pendidikan, melengkapi data pada form yang tersedia, mengunggah dokumen sesuai persyaratan, mengecek isian pada form resume, dan mencetak kartu pendaftaran SCCN 2018.

Pada tahap berikutnya, tim verifikator akan melakukan verifikasi berkas yang diunggah, dan pelamar tinggal menunggu hasil seleksi administrasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Jika lulus, maka pelamar bisa mencetak kartu ujian sebagai peserta tes computer assisted test (CAT) BKN dan tes lain.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) sudah menjelaskan bahwa total formasi Penerimaan CPNS 2018 sebanyak 238.015 orang, dilansir oleh Kompas.com. Jumlah tersebut terbagi dua, yakni sebanyak 51.271 orang untuk instansi pusat (kementerian/lembaga), dan 186.744 orang untuk instansi daerah. Setiap pelamar sendiri hanya bisa memilih satu jabatan di satu formasi dan satu instansi saat mendaftar. Cakap People mau mencoba? [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Benarkah Polusi Udara bisa Membuat Manusia jadi Bodoh? Ini Jawabannya!

Memuaskan! Perusahaan AS Tertarik Hasil Uji Coba Kereta Biodiesel Indonesia